40.000 Lapangan Kerja Baru Untuk Rakyat Maluku

Tidak ada komentar 65 views

Ambon, ambontoday.com – ELVIS CHARLES LAHALLO, Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku Nomor Urut 27 mengaku akan berjuang untuk mewujudkan sebanyak 40.000 lapangan kerja baru bagi rakyat Maluku selama 5 tahun jika tanggal 17 April 2019 nanti rakyat Maluku mempercayakan dirinya sebagai Anggota DPD RI.

“Sudah menjadi target perjuangan Beta diantaranya ialah memperjuangkan 40.000 lapangan kerja baru bagi rakyat Maluku selama 5 tahun kedepan. Kalau rakyat Maluku memilih Beta sebagai Anggota DPD RI mewakili kepentingan mereka di Parlemen,” kata Lahallo kepada media ini di Ambon, Minggu (24/03/2019) pagi.

Pria yang sudah belasan tahun berprofesi sebagai wartawan ini mengaku bahwa ia memiliki strategi untuk menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.

“Tentunya untuk mewujudkan target perjuangan itu harus dibarengi dengan strategi perjuangan yang ideal. Modal utama yang Beta butuhkan ialah harus mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat Maluku, terutama perlu adanya sinergitas tujuan perjuangan dengan pihak Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota maupun teman-teman DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota yang menurut pengamatan beta selama ini belum sejalan,” ujar mantan Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buru Selatan itu.

Mantan Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kota Ambon ini mengaku bahwa tingkat pengangguran dan kemiskinan di Maluku hingga kini masih cukup tinggi dan perlu mendapat perhatian serius dari seluruh anak Maluku yang ingin berjuang bagi kesejahteraan rakyat Maluku.

“Masih tingginya angka pengangguran dan kemiskinan di Maluku pasca 73 Tahun kemerdekaan Indonesia ini tentu saja membangkitkan semangat juang Beta selaku Pattimura-Pattimura muda, bahwa ternyata perjuangan bagi kesejahteraan rakyat di Maluku itu belum selesai,” papar Wakil Ketua DPC GAMKI Kabupaten Bursel.

Lanjut Wakil Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bursel ini, jika persoalan pengangguran di Maluku bisa diatasi secara baik dengan lahirnya puluhan ribu lapangan kerja baru yang potensial, maka sudah barang tentu akan pula berdampak kepada turunnya angka kemiskinan. Tetapi sebaliknya, jika kita tidak mampu memperjuangkan dan melahirkan lapangan-lapangan kerja baru bagi lulusan Sarjana, Diploma maupun SMA/SMK kita, maka sama saja kita sedang menunggu akan lahirnya calon-calon masyarakat yang akan hidup dalam garis kemiskinan yang terus melilit.

“Setiap tahun ada ribuan Sarjana, Diploma maupun SMA/SMK yang dicetak oleh perguruan tinggi maupun SMA/SMK. Adik-adik kita ini akan menjadi pengangguran dan menjadi calon masyarakat miskin, jika kita tak punya solusi untuk menciptakan lapangan kerja di sektor pemerintah maupun swasta sebanyak-banyaknya,” ucap mantan Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bursel ini.

Olehnya itu, Pria kelahiran Desa Ouw, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah yang telah menjadi anak Piatu sejak bangku SD Kelas VI ini berharap mendapat dukungan maksimal dari seluruh rakyat Maluku secara umum dimana saja.

Sebab, Lahallo yang sudah belasan tahun menyuarakan dan memperjuangkan berbagai aspirasi masyarakat Maluku melalui tugas kewartawanan dan organisatoris tanpa dibayar oleh negara ini akan terus berjuang bagi kesejahteraan masyarakat Maluku tanpa pandang buluh.

“Pastinya kita semua setuju bahwa Maluku butuh perubahan dan bukan perbedaan,” ucapnya.

Dimana, selain berbagai aspirasi yang telah diserap secara langsung dari masyarakat dalam berbagai kesempatan sosialisasi diri (kampanye), Lahallo juga sudah menyampaikan tujuh target utama perjuangannya yang akan Ia perjuangkan sesuai kewenangan DPD RI dan cukup mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat di Maluku. Ketujuh target perjuangan tersebut yaitu :

Pertama, Memperkuat fungsi dan kewenangan DPD RI secara kelembagaan; Kedua, Mengoptimalkan hubungan yang strategis dan sinergis antar anggota DPD RI, DPR RI, DPRD dan Pemerintah Daerah guna menjawab aspirasi rakyat Maluku; Ketiga, Menuntut percepatan pemekaran dan memperbanyak Daerah Otonom Baru (DOB) di Maluku, baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi; Keempat, Menjadikan Maluku sebagai Daerah Otonomi Khusus Kelautan; Kelima, Mendorong adanya Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat di Maluku; Keenam, Memperjuangkan pembangunan Pelabuhan Internasional di Maluku; dan Ketujuh, Mewujudkan 40.000 Lapangan Kerja baru bagi rakyat Maluku selama 5 tahun.

“Niat baik ini hanya akan menjadi mimpi jika Beta tidak mendapat kewenangan dari rakyat Maluku untuk memperjuangkan itu sebagai Anggota DPD RI. Jadi, Beta ajak semua rakyat Maluku, mari bantu beta berjuang, sayangi generasi kita. Bersama, Maluku pasti Bangkit,” tutur Pria petarung yang berangkat dari keluarga sederhana di Desa Ouw ini.

Pria murah senyum ini berharap rakyat Maluku jangan asal pilih apalagi golput. Sebab, masa depan rakyat Maluku turut ditentukan oleh rakyat Maluku sendiri.

“Tanggal 17 April 2019 jangan lupa ajak keluarga dan teman sebanyak-banyaknya untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing dan buka Surat Suara yang berwarna merah kemudian coblos Calon DPD Nomor Urut 27. Ingat, Hormati yang Tua, Pilih yang Muda,” ajak Anggota Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) itu.

Supaya lebih mengenal Calon DPD RI Dapil Maluku termuda yang belum memiliki cacat di dunia politik ini, berikut Biodatanya :

A. BIODATA
1. Nama lengkap : ELVIS CHARLES LAHALLO
2. Tempat, Tanggal Lahir/Umur : Ouw, 06 Juni 1986/ 32 Tahun
3. Jenis Kelamin : Laki-Laki
4. Agama : Kristen Protestan
5. Status Perkawinan : Sudah Kawin
a. Nama Istri : Sustati Novita Sohilait
b. Jumlah anak : 2 orang (Asyaneti Paula Queenofbless Lahallo dan Aiseka Kingwesly Lahallo)
6. Alamat Tempat Tinggal : Desa Labuang, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku

B. RIWAYAT PENDIDIKAN :
v Formal :
1. Sekolah Dasar Negeri 2 Ouw
2. SLTP Negeri 9 Saparua
3. SMA Negeri 4 Ambon
4. Universitas Iqra Buru

v Non Formal :
1. Pendidikan Komputer Tingkat Microsoft Office 2000 di Pendidikan Komputer Jayanegara Ambon
2. Pelatihan Ketrampilan Kejuruan Komputer di Balai Latihan Kerja Khusus Kemaritiman Provinsi Maluku
3. Kursus Komputer Tingkat Lanjutan pada Program Microsoft Windouws Bidang Microsoft Perkantoran (Office), Internet dan Pengenalan Merakit Komputer di AD-N Komputer

C. RIWAYAT ORGANISASI :
1. Pengurus Remaja Daerah Pelayanan Halong Baru Jemaat GPM Halong
2. Ketua Bidang Pelpem AMGPM Ranting II Halong
3. Sekretaris AMGPM Ranting II Halong
4. Ketua AMGPM Ranting II Halong 2 periode
5. Sekretaris Pengasuh Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil (SMTPI) Daerah Pelayanan Halong Baru Jemaat GPM Halong
6. Ketua Pengasuh SMTPI Daerah Pelayanan Halong Baru Jemaat GPM Halong
7. Koordinator Unit Kanaan Jemaat GPM Halong
8. Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Forum Pemuda Kecamatan Teluk Ambon Baguala
9. Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kota Ambon
10. Sekretaris Unit Leapoda Jemaat GPM Labuang
11. Sekretaris AMGPM Cabang I Talitakumi Daerah Buru Selatan dua periode
12. Sekretaris PersatuanWartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buru Selatan
13. Wakil Sekretaris Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Kabupaten Buru Selatan
14. Wakil Ketua DPC GAMKI Kabupaten Buru Selatan
15. Ketua Bidang Hubungan Internasional dan Pariwisata Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Kabupaten Buru Selatan
16. Anggota Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) Cabang Buru Selatan
17. Ketua KAMIJO Provinsi Maluku

D. RIWAYAT PEKERJAAN :
1. Wartawan Koran Seram Post
2. Wartawan Koran Surya Daily
3. Wartawan Koran Siwalima
4. Wartawan Media Online Suara Buru Selatan
5. Wartawan Kompas Timur

E. TANDA PENGHARGAAN :
1. Piagam Penghargaan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi
Maluku
2. Sertifikat Kompetensi dari Dewan Pers dan PWI Pusat
3. Piagam Penghargaan dari Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (AT – 007)

Jadilah Orang Pertama share:
author