40 Rumah Beratap Daun Rumbia Berdindung Gaba – Gaba Dibetonkan

Ambon, Ambontoday.com – Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Abggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) kepada seluruh Negeri dan Desa yang ada.

Dari relokasi DD dan ADD tersebut sangat menunjang kesejatraan masyarakat Indinesia secara menyeluruh dan stiap Kabupaten Kota, seperti Negeri Wolu Kecamatan Telitti Kabupaten Malteng Provinsi Maluku, dengan adanya DD dan ADD masyarakat yang selama ini bernaung dirumah yang beratab daun rumbiah dan berdinding gaba – gaba dapat direnofasikan menjadi beton.

kepada ambontoday.com diruang kerjanya, kaur pemerintahan negeri wolu mengatakan “kami akan merenofasi 40 rumah tidak layak huni guna menjawab program nawacita dari Pak Presiden” katanya.

Dikatakan, DD dan ADD yang diterima Negeri Wolu berjumlah Rp. 1.682.000.000 akan digunakan semaksimal mungkin guna tercapainya kesejatraaan masyarakat.

“Anggaran sebanyak ini sudah dianggarkan dalam batang tubuh Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sesuai dengan hasil musrembang desa (Musdes), sistim perunrukannya terbuka dan tersistim, sehingga tidak ada yang tersembunyi bagi masyarakat” ungkap beliau.

Lanjutnya, selain rehabilitasi rumah tidak layak huni ada juga program dan kegiatan pemberdayaan lain yang ditetapkan dalam musdes, selain itu, tunjangan staf pemerintah desa dan lain sebagainya.

“Semua program pemberdayaan dan program serta kegiatan akan diselesaikan pada tahun 2020, mengingat tunjangan atau gaji kades dan staf naik hampir seratus persen sesuai dengan surat edran Bupati Malteng Tuasikal Abuah” ujarnya.

harapannya, bagi masyarakat yg belum terlayani akan terealisasikan ditahun 2020 nanti, ia meminta ada kerja sama yang baik dari masyarakat dan semua elemen, saling topang menopang, bahu membahu membangun desa Wolu yang dicintai bersama. (AT – 016)

Jadilah Orang Pertama share:
author