67 Nakes RSUD Umarella Sudah Jalani Vaksin Tahap 2

Ambontoday.com, Ambon.- Tenaga Kesehatan (Nakes) RSUD. H. Ishak Umarela kembali menjalani Vaksinasi Covid-19 tahap 2. Sebanyak 278 sasaran yang akan menjalani vaksin dan sampai tanggal 20 Februari 202, jumlah Nakes yang sudah divaksin sebanyak 67 orang.
Demikian disampaikan Koordinator Vaksin Civid-19 RSUD. Ishak Umarela, Fany Tapilatu, S.Kep.
Menurutnya, awalnya Nakes yang pernah terpapar Covid-19 itu tidak divaksin, namun setelah ada surat edaran yg baru dari Menkes bahwa orang yang pernah terpapar Covid setelah 3 bulan boleh divaksin maka saat ini para Nakes yang pernah terpapar Covid juga akan divaksin.
“Jumlah Nakes yang sudah divaksin tahap pertama sebanyak 96 orang. Sementara untuk tahap 2 sampai dengan kemarin tanggal 19 Februari 2021 tercatat sudah 67 orang Nakes yang divaksin, itu berarti sisa 33 orang Nakes yang belum divaksin.
Bagi yang sudah terdaftar untuk melakukan vaksin tahap kedua akan kita upayakan seluruhnya selesai divaksin pada hari ini Sabtu 20 Februari,” jelas Fany.
Dikatakan, memang ada beberapa Nakes yang sudah terdaftar untuk vaksin tahap 2, namun setelah masuk meja screening ternyata tidak bisa lanjut karena kondisi dan tekanan darah ada yang tidak stabil, namun tetap akan divaksin setelah kondisinya benar benar siap.
Sementara Nakes penyitas Covid yang belum mengikuti tahap pertama saat ini sudah mulai melakukan pendaftaran untuk mengikuti vaksinasi tahap pertama dua Minggu yang akan datang,, ungkap Tapilatu.
Dirinya juga menyampaikan kalau selama proses vaksinasi tahap pertama sampai tahap kedua ini tidak ada kendala berarti dilapangan, hanya soal sistem saja namun sudah dikordinasikan dengan Dinkes Malteng maupun Dinkes Provinsi dan semua berjalan lancar.
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Keperawatan RSUD H. Ishak Umarella, Monap Pikalouhatta,SKM, M.si menyampaikan, selama pelaksanaan vaksin bagi tenaga medis dari tahap pertama sampai tahap kedua tidak ada masalah.
“Pelaksanaan Vaksinasi bagi tenaga kesehatan di RSUD Umarela dari tahap 1 sampai tahap 2 sekarang tidak ada masalah, bahkan tidak ada kejadian pasca vaksin,” ungkapnya.
Dirinya berharap, proses Vaksinasi kepada tenaga kesehatan di RSUD Umarella bisa segera selesai dan dilanjut dengan persiapan vaksin kepada masyarakat.
Ditambahkan bahwa masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir soal Vaksin karena sebetulnya aman, tidak seperti isu-isu yang beredar selama ini.