8 Lulusan Fakultas Kedokteran Unpati Dikukuhkan dan Diambil Sumpah

Ambontoday.com, Ambon.- Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon, DR. Dr. Bertha Jean Que M.Kes,  Kamis 10/1/2019 pagi bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon melantik dan mengambil sumpah 8 orang lulusan Dokter Baru Tahun 2019 Angkatan XIII Unpatti.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti menjelaskan, kalau hasil kelulusan kali ini secara nasional Nilai Fakultas Kedokteran Unpatti berada diatas rata-rata kelulusan secara nasional yakni 66 koma sekian persen .

Menurutnya, tujuan dari lulusan Fakultas Kedokteran Unpatti ini untuk memenuhi visi dan misi Fakultas Kedokteran Unpatti demi menjawab kebutuhan tenaga medis khususnya kedokteran di seluruh penjuru pulau di provinsi Maluku.

Untuk itu, diharapkan partisipasi yang baik dari Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Maluku untuk dapat mengakomodir lulusan terbaik yang telah dihasilkan dan di produksi oleh Fak Kedokteran Unpatti guna mengisi lowongan formasi PNS untuk pemerataan tenaga dokter di seluruh wilayah kepulauan provinsi Maluku.

Ia menambahkan, dari 100 lebih  lulusan yang sudah dihasilkan Fakultas kedokteran Unpatti hanya beberapa saja yang baru diangkat atau diakomodir oleh Pemda Kab Malra, MTB, SBT, Buru dan Kota Ambon, dan itu jumlahnya masih sedikit sehingga diperlukan adanya regulasi-regulasi di masing pemerintah daerah agar hasil lulusan Fakultas  Kedokteran Unpatti dapat mengisi kebutuhan tenaga medis di seluruh Maluku.

Hal senada juga diharapkan rektor unpatti Prof. DR. M J Sapteno SH. M.Hum yang meminta pemerintah daerah di Maluku dapat memanfaatkan lulusan yang sudah dihasilkan oleh Unpatti  sehingga pemerataan tenaga medis khususnya tenaga dokterdapat disebarkan ke seluruh kabupaten/kota.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Said Assagaff yang dibacakan satf ahli mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku mengapresiasi mutu dan hasil yang diproduksi Fakultas Kedokteran Unpati yang selama ini sudah boleh mencetak lulusan lulusan terbaik.

Diharapkan, mutu ini terus dipertahankan bahkan ditingkat lagi sehingga kedepan, Fakultas Kedokteran Unpati akan berkembang sejajar dengan Fakultas Kedokteran lainnya di Indonesia, bahkan peserta didik juga tidak hanya berasal dari Maluku saja melainkan menjadi tujuan para mahasiswa di luar daerah Maluku untuk menimbah ilmu di Fakultas Kedokteran Unpati.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Dr.Meykhal Pontoh M.Kes mengatakan, terkait hasil lulusan Fakultas Kedokteran yang akan diakomodir untuk mengisi kebutuhan tenaga Dokter di seluruh wilayah Maluku hal itu akan diperhatikan.

Bahkan akan ada 2 Rumah Sakit Baru yang akan dibuka di Ambon dalam waktu dekat yakni Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Daerah yang sementara dibangun di Poka, akan diupayakan agar lulusan lulusan Fakultas Kedokteran Unpati dapat mengisi kebutuhan tenaga dokter pada 2 Rumah Sakit baru itu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ke 8 Dokter baru Fakultas Kedokteran ini disaksikan oleh Rektor Universitas Pattimura Ambon, Prof DR M. J Sapteno SH. M.Hum, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Dr Meykhal Pontoh M.Kes , Sekertaris IDI, Dr Hans Liesay M.Kes dan satf Ahli Gubernur Maluku aerta keluarga kedelapan dokter tersebut. (AT008)

Jadilah Orang Pertama share:
author