Ambon, Ambontoday.com – Pencanangan Ambon gemar membaca akan dilakukan pada tanggal 8 Maret mendatang dan diprakrsai oleh pemerintah kota Ambon. Hal ini disampaikan oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, Piet Pattiasina kepada wartawan di Ambon, Jumat (2/3/2018).

Pencanangan Ambon gemar membaca akan dilaksanakan di Maluku City Mall pada Pukul 9.00-10.00 WIT. Yang akan dihadiri juga oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

“Pada tanggal 8 Maret itu akan dilaksanakan pencanangan Ambon gemar membaca. nah gerakan Ambon gemar membaca ini diprakarsai oleh pemerintah kota Ambon dan perpustakaan nasional RI. kegiatan ini dilaksanakan di MCM pada tanggal 8 itu ada sekitar jam 9 sampai dengan jam 10,” ujarnya.

Pada acara pencanangan Ambon gemar membaca akan diisi oleh beberapa kegiatan diantaranya, peluncuran Peraturan Walikota tentang Ambon Gemar Membaca, Penandatangan Kesepakatan Untuk Pojok Baca, Pengukuhan Bunda Baca Kota Ambon dan Talkshow.

“Pelaksanaan kegiatan ini dengan acaranya antara lain adalah pada hari itu ada peraturan walikota tentang Ambon gemar membaca itu akan di luncurkan pada hari itu kemudian ada penandatanganan kesepakatan antara baik itu kantor maupun tempat usaha, restoran dan sebagainya termasuk puskesmas dan sebagainya yang punya ruang publik itu minimal punya pojok baca,” tuturnya.

Untuk pengukuhan Bunda baca Kota Ambon akan dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI dan nantinya Debby Louhenapessy yang juga merupakan istri dari Walikota Ambon akan dinobatkan sebagai Bunda baca untuk kota Ambon. “Kemudian pada hari itu juga akan dikukuhkan oleh perpustakaan nasional RI istrinya Pa Walikota sebagai bunda baca kota Ambon pada saat itu,” tambahnya.

Sedangkan, Talkshow sendiri akan menghadirkan Walikota Ambon, Kepala Perpustakaan Nasional RI dan Duta Baca Nasional Indonesia, Najwa Shihab. “Sesudah itu lalu bersama Najwa Shihab duta baca nasional indonesia itu akan talkshow antara pa wali, pa kapus dan najwa sendiri, dia akan memberikan berbagai tips tentang bagaimana membaca dan sebagainya itu,” terangnya.

Dalam Talkshow tersebut juga akan ada analisa tentang berbagai kemungkinan yang terjadi jika seseorang membaca dan sampai pada tahap gemar membaca. Dan apa yang dapat dilakukan setelah dia gemar membaca. “Kemudian analisa-analisa tentang berbagai kemungkinan yang terjadi ketika orang itu membaca dsb, gemar membaca dsb, apa yang dia bisa kerjakan hal-hal seperti itu jadi semuanya itu bermuara kepada bagaimana manusia itu memiliki literasi yang kemudian dia bisa berkembang dalam pembangunan sosial ekonomi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk pencanangan ini sendiri bukanlah untuk menjawab persoalan rendahnya minat baca seseorang tapi bagaimana cara untuk membangkitkan minat baca seseorang terkhususnya warag kota Ambon.

“Launching ini sebenarnya bukan persoalan minat baca masyarakat kota Ambon rendah tapi bagaimana membangkitkan minat baca itu. orang tetap membaca tapi untuk minat baca suppaya orang itu bisa membaca dan rajin membaca itu kan jadi persoalan. semua orang kalau punya kebutuhan pasti baca tapi untuk merupakan suatu kewajiban itu tidak jadi meruapakan satu keinginan, kegemaran kan tidak. oleh karena itu pencanangan gemar membaca kan di seluruh indonesia di laksanakan jadi kali ini di kota Ambon kebetulan Najwa shihab ada dan dia itu duta baca sehingga pencanangan itu dilaksanakan di Ambon,” tutupnya. (AT-011).

Print Friendly, PDF & Email
Spread the love