Akhirnya Proleklas Melahirkan RUU Pemerintah Daerah Wilaya Kepulauan

Ambontoday.com, Ambon – Perjuangan keras yang dilakukan oleh Almarhum Alex Litaay kini mulai menuai hasil, dengan pergumulan panjang serta semangat Pattimura Mudah penerus perjuangan Litaay maka Letjen Marinir (Purnawirawan TNI) DR. Nono Sampono, M.Si yang diberikan tanggungjawab penuh oleh Almarhum Alex Litaay telah berhasil mewujutkannya.

Kepada Ambontoday.com dikediamanya mengatakan bahwa “Sebelum Pa Litaay berangkat menjalankan tugasnya sebagai Dubes, beliau (Litaay-red) menitipkan perjuangan besar yang merupakan dambaan masyarakat Maluku, yakni Perjuangan ditingkat DPR RI maupun DPD RI guna melahirkan pembahasan RUU Daerah Kepulaun, Puji Tuhan Saya diberikan tanggung Jawab untuk mewakili unsur Pimpinan DPD RI dalam Proleknas guna mengusulkan, membahas dan menyetujui RUU yang akan dibahas pada Tahun 2017 ini” Kata Sampono.

Dikatakan juga bahwa, dalam proses pembahasan tersebut ada 10 RUU yang akan dibahas pada Tahun 2017 ditambah 40 RUU yang masih tertunggak prediosasi Tahun kemarin, dari 10 RUU tersebut DPR RI diberikan tanggungjawab untuk memberikan usulan 5 RUU yang didalamnya 3 merupakan bailetnya DPR RI dan 2 untuk kepentingan masyarakat, Pemerintah memiliki 3 dan DPD RI memiliki kewenangan hanya 2.

“Saya mewakili DPD RI mengusulkan 2 diantanya RUU ketahanan Pangan dan RUU Pemerintahan Daerah Wilaya Kepulauan, ini hanya pengubahan redaksi bahasanya dari RUU Daerah kepulauan yang selama ini diperjuangkan oleh Almarhum Alex Litaay, dan puji Tuhan itu diterima dan akan dibahas pada Tahun 2017 guna menjawab akan Nawacita ketiga Presiden Jiko Widodo dan Yusup Kala” Jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa, dari 7 Provinsi Kepulawan ini bersama Pemerintah, DPR dan seluruh komponen untuk tetap mengawal proses pembahasan nanti, kami dari perwakilan DPR RI dan DPRI asal 7 Provinsi Kepulawan ini akan ada nanti di Maluku dalam menyambut Hari Perss Nasional (HPN) yang dihadiri oleh Pa Peresiden akan memberikan suatu pernyataan khusus guna menjawab akan pembahasan RUU Pemerintahan Daerah Wilaya Kepulauan bersama Forum Rektor yang di kaji dari segi akademis.

Diharapkan semoga perjuangan ini tetap kita kawal hingga selesainya pembahasan nanti di DPR RI guna menjawab akan harapan kita orang Maluku selama ini, karena ketika kita dengan luas laut yang begitu besar harus dibandingkan dengan kondisi yang ada dipulau Jawa ini kan sangat tidak rasional. (AT.007)

Jadilah Orang Pertama share:
author