20 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kab.KKT

Aman, ibadah Jumat Agung hingga Prosesi Jalan Salib

Saumlaki, ambontoday.com – Jelang perayaan Paskah Kristus yang di rayakan oleh umat Kristiani di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Polres Kepulauan Tanimbar, kerahkan anggotanya pada sejumlah Gereja guna menjaga, kamtibmas selamah Ibadah Misa Jumat Agung hingga Prosesi Jalan Salib.

Dalam menyambut Perayaan Hari Raya Paskah ini, Polres Kepulauan Tanimbar menerjunkan sebanyak 60 personel guna mengamankan Jalannya Ibadah Misa Jumat Agung dan Jalan Salib yang dirayakan oleh Umat Kristiani.

Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K melalui Kabag Ops Kompol Frihamdeni mengatakan, Pengamanan dilaksanakan dengan melakukan pengecekan pada sejumlah gereja saat Ibadah Misa Jumat Agung, Pengamanan Rute saat Jalan Salib, hingga pelaksanaan Patroli.

“Pengamanan ini dilakukan dengan harapan bisa mengantisipasi gangguan keamanan dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif bagi Umat Kristiani yang menjalankan Ibadah,” jelasnya.

Lanjutnya, selain Pengamanan Jumat Agung pada beberapa Gereja Katholik, Personil pun turut mengamankan jalannya rangkaian kegiatan Jalan Salib yang dilaksanakan oleh tiga Jemaat GPM pada tiga titik berbeda.

“Tak hanya mengamankan prosesi Jalan Salib, Personil Satuan Lalu Lintas juga telah kami kerahkan untuk pengamanan Rute guna mencegah terjadinya kemacetan,” ungkapnya.

Dengan banyaknya Masyarakat yang antusias ingin menyaksikan dan menonton prosesi Jalan Salib yang diadakan oleh Jemaat GPM Damai BTN, Jemaat GPM Ebenhaezer dan Jemaat GPM Sejahtera Saumlaki.

Kabag Ops juga menjelaskan, pada moment Hari Raya Paskah ini setidaknya kita dapat selalu meningkatkan toleransi antar umat beragama, mengingat saat ini juga umat Muslim sedang melaksanakan Ibadah Puasa, olehnya itu hidup toleransi harus dijunjung tinggi.

”Kami berharap peran serta seluruh elemen Masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan agar terus aman dan kondusif,” tutupnya. (AT/RM)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X