Amankan Pilkada Serentak, Polda Maluku Gelar Simulasi Sispamkota

Ambon, Ambontoday.com – Polda Maluku menggelar simulasi Sistim Pengamanan Kota (Sispamkota) dan Tactical Floor Game untuk mempersiapkan pengamanan terhadap pilkada serentak yang akan berlangsung beberapa bulan mendatang.

Kegiatan ini dibuka oleh Kapolda Maluku Brigjen Pol Andap Budhi Revianto, yang berlangsung di Lapangan Tahapary Polda Maluku, Tantui Ambon, Selasa (27/3/2018).

Dalam arahannya, Kapolda Maluku Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, melalui simulasi ini kesiapan dari pasukan pengamanan dapat diketahui sehingga nantinya pada saat pilkada dilakukan pasukan pengamanan dapat sigap untuk mengamankan jalannya pilkada di Maluku.

“Ini menunjukan keseriusan kita, untuk mengamankan Pilkada serentak pada 2018 ini,” ujarnya. Pasukan pengamanan yang mengikuti simulasi ini terdiri dari anggota Polisi dan TNI yang ada di Maluku dan dilakukan pelatihan dengan intens setiap waktunya. Sehingga nantinya dalam simulasi maupun pada saat pengamanan dilakukan tidak ada kesalahan yang dilakukan dan pilkada berjalan dengan baik dan aman. “Kesiapan ini dilakukan dengan pelatihan secara intens yang dilakukan oleh anggota Polisi dan TNI, pilkada serentak 2018 tentu Polri beserta TNI dan stakehoolder di siap mengamankan pesta demokrasi di Provinsi Maluku secara profesional modern dan terpercaya,” tuturnya.

Menurutnya, walaupun sudah ada pasukan pengamanan yang berasal dari kepolisian dan TNI namun untuk mewujudkan pilkada yang aman dan kondusif, seluruh masyarakat, penyelenggara pemilu, pengawas pemilu maupun stakeholder terkait harus dapat bersatu dan bekerjasama.

“Untuk mewujudkan Pilkada Maluku yang aman, kondusif dan damai, maka kesiapan kita, yaitu TNI dan Polri, penyelenggara pemilu, pengawas pemilu maupun stakeholder dan masyarakat harus bersatu,” tambahnya.

Dan untuk itu, masyarakat tidak boleh terprovokasi dengan isu negatif yang ada dan tetap menjaga keamanan yang ada. “Masyarakat tidak terprovokasi dengan isu-isu negatif yang ada di sekitarnya. walaupun berbeda pilihan. masyarakat jangan terjebak dalam konflik. Mari kita jaga Maluku dengan baik, dan menjaga kondisi Maluku tetap aman dan kondusif,” terangnya. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author