Ambon Dan Wisatanya Bersih Ulah Labe Bae Comunity

Ambon, ambontoday.com – Bae Bae Comonity yg diketua oleh Cesia Tulalesay ini semakin menonjolkan etos kerjanya dikota Ambon, dengan semangat milenial anak – anak yang bergabung pada Labe Bae Comunity hadir dengan tema kebersihan adalah ibadah.

Dandramil Nusaniwe Henlex Lumamoli kepada wartawan di Siwang Paradise Sabtu (9/1/2021) katakan, ” Saya bangga kepada Labe Bae Comunity yang begitu peduli terhadap kebersihan dikota Ambon, terlebih khusus pada spot – spot wisata, hari ini saya terharu ya, anak – anak seusia mereka punya kepedulian yang luar biasa terhadap kebersihan, pribadi jujur saya malu terhadap merek” kata Dandramil.

Lumamoli menginginkan, kegiatan mulia ini sekiranya menggugah hati seluruh masyarakat kota Ambon terkait kesadaran dalam hal membuang sampah, dirinya juga memintah dan menghimbau kepada masyarakat agar, ketika malekukan kunjungan ke spot – spot wisata yang ada, jangan lagi membawa minuman dibotol plastik.

” Saya kira jika masyarakat melakukan kunjungan ke spot – spot wisata dengan membawa minuman dibotol minuman yg habis diminum botolnya disimpan dan dibawa pulang, agar menghindari dari pembuangan sampah plastik atau botol minuman yang berhamburan dimana – yang mengakibatkan keindahan wisata itu hilang” pesan Lumamoli.

Kesempatan yang sama, Niko Tulalessy pemerhati Wisata dan juga pembina sekaligus pendiri Labe Bae Comunity, menyesali bahwa alam ciptaan yang begitu indah kita bisa mengotorinya tanpa tidak ada merasa bersalah sedikitpun.

Ia juga merasa sangat bangga dengan terobosan – terobosan yang dilakukan Labe Bae Comunity hingga kini gaungnya sudah ada pada kanca Internasional.

” Saya kaget ketika kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh Labe Bae Comunity kini mendapat dukungan dari beberapa organizer di Australia, semua berkat kerja keras mereka, kaum mudah yang polos namun punya andil besar untuk kota Ambon dan wisatanya bersih” kata Tulalesay.

Lanjutnya, Labe Bae Comunity kini mempunyai kegiatan rutin dalam menyadarkan masyarakat kota Ambon terkait budaya kebersihan bersama Temulang Comunity dan Ukulele Comunity. kini mereka memulai dari lokasi – lokasi pariwisata yang ada di kota Ambon. Seperti yang sudah dilakukan sejak bulan Agustus 2020 Labe Bae hadiri di wisata namalatu untuk mengedukasi masyarakat tentang bahannya membuang sampah sembarangan.

Ia juga meminta perhatian khusus juga dari dinas pariwisata kota Ambon bahkan Provinsi Maluku, untuk bergandengan program bersama dinas lingkungan hidup untuk melihat persoalan sampah diseluruh spot – spot wisata, mengingat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Lebe Bae Comunity selalu mendapat respon baik dari pihak TNI AD dalam hal ini Dandrem 151/Binaiya bersama jajarannya hingga Danramil dan dinas lingkungan hidup, untuk bersih – bersih lokasih pariwisata di kota Ambon seperti yang sementara dilakukan di Siwang Paradise.

Dirinya berharap, ada kesadaran dari semua pihak untuk menanam budaya malu buang sampah sembarangan, atau mampu menegur diri sendiri jika membuang sampah sembarangan.

“Saya sangat berharap ada peran bersama semua pihak terkait kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup, teristimewa menjaga keindahan semua spot-spot wisata di Maluku, sehingga tidak memberikan celah bagi orang lain untuk merusak dan mencoreng keindahan dari spot-spot wisata yang ada di Maluku” harapnya. (AT/lamta)

 

 

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!