AMGPM Dorong Kepala Desa Kembangkan Potensi Unggulan Desa

Namrole, ambontoday.com – Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) mendorong agar semua Kepala Desa yang ada di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) bisa mengembangkan setiap potensi unggulan di desa mereka lewat program-program pemberdayaan yang bisa dianggarkan lewat pengelolaan Dana Desa.
Dorongan itu diaktualisasikan lewat kegiatan Sosialisasi Dana Desa dengan tema ‘Strategi Pengelolaan Dana Desa Dalam Rangka Pemanfaatan Potensi Desa’ yang diselenggarakan oleh AMGPM Cabang I Talitakumi Daerah Buru Selatan yang dilaksanakan di ruang Serbaguna Desa Labuang, Kecamatan Namrole, Sabtu (16/02) sore.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Buru Selatan, Rony Lesnussa itu turut menghadirkan tiga orang pemateri, yakni Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buru Selatan Amelia Solissa, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Buru Selatan, Idris Loilatu dan Kepala Bidang Budidaya Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Buru Selatan, Rido Behuku.
Dimana, kegiatan yang dipandu langsung oleh mantan Ketua AMGPM Cabang I Talitakumi yang juga Kepala Bidang pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bursel, Renaldy Soulissa itu menghadirkan peserta sosialisasi yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua BPBD, Ketua Bumdes, Ketua Remaja Mesjid, Ketua Pemuda Katholik, Ketua Ranting AMGPM maupun potensi AMGPM yang berasal dari 18 Desa di Kecamatan Namrole dan Kecamatan Leksula.
Dimana, untuk desa Namrole, berasal dari Desa Oki Lama, Oki Baru, Tikbari, Leku, Wali, Masnana, Labuang, Kamlanglale, Waenono, Elfule, Fatmite, Lektama, Namrinat, Waefusi, Waenalut, Wamkana dan Batu Tulis serta satu desa dari Kecamatan Leksula, yakni Desa Kase sesuai daerah pelayanan AMGPM Cabang I Talitakumi.
Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Bursel, Rony dalam arahannya ketika membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi positif bagi kepedulian AMGPM dalam pelaksanaan sosialisasi ini.
“Kami sangat mengapresiasi positif kegiatan yang dilaksanakan oleh teman-teman AMGPM Cabang I Talitakumi ini, sebab kegiatan ini sudah sangat membantu pemerintah daerah dalam menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa melalui strategi pengelolaan dana desa,” kata Lesnussa.
Lesnussa mengaku bahwa kegiatan produktif ini akan dilaporkannya langsung kepada Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulissa ketika Tagop tiba di Namrole nantinya.
Selain itu, Lesnussa berharap setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikutinya dengan serius sehingga bisa menggali berbagai potensi ungggulan desa untuk dikembangkan melalui pengelolaan Dana Desa di desa masing-masing.
Apalagi, lanjutnya, AMGPM tidak hanya peduli terhadap desa-desa yang mayoritas beragam Kristen saja, tetapi juga turut peduli terhadap semua desa tanpa tebang pilih.
“Kami sangat gembira sekali, karena kegiatan ini turut melibatkan Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua Bumdes, Ketua Remaja Mesjid, Ketua Pemuda Katholik. Jadi, bukan hanya peduli dengan sesame kader AMGPM saja,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Sosialisasi Dana Desa, Roby Tasidjawa dalam laporannya menjelaskan, dasar pelaksanaan sosialisasi ini ialah hasil keputusan Musyawarah Pimpinan Paripurna Cabang (MPPC) VII AMGPM Cabang I Talitakumi di AMGPM Ranting Zoar Waenalut
Dimana, maksud diselenggarakannya sosialisasi dana desa adalah untuk memberikan pemahaman yang baik kepada Kepala Desa, BPD, pengelola Bumdes dan Tokoh Pemuda tentang strategi pengelolaan Dana Desa dalam rangka pemanfaatan potensi desa.
“Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi Dana Desa adalah untuk meningkatkan kualitas Kepala Desa, BPD, Pengelola Bumdes dan Tokoh Pemuda dalam proses pengelolaan dana desa, terutama mengenai potensi unggulan desa yang bisa dikelola sebagai komoditas unggulan desa dan konsekuensi hukum terkait penyalagunaan dana desa,” jelasnya.
Iapun menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini dibiayai dari dana stimulan Pengurus Cabang dan upaya-upaya pencarian dana yang dilakukan oleh panitia yang bisa dipertanggung jawabkan.
Kepada media ini, Iapun berharap sosialisasi yang dilakukan pihaknya dapat memberikan manfaat bagi pengembangan potensi unggulan yang dimiliki oleh masing-masing desa.
“Ini merupakan bentuk kepedulian kami AMGPM dalam mendorong pengembangan potensi unggulan di desa-desa yang ada di wilayah pelayanan kami. Kami pun berharap agar kepedulian ini pun diresponi secara serius oleh peserta yang hadir, karena mereka adalah pelaku utama di desa mereka masing-masing,” ujarnya.
Sebab, lanjutnya, akan percuma saja AMGPM mendorong pengembangan potensi unggulan desa melalui strategi pengelolaan dana desa yang dibagikan oleh para pemateri berkualitas yang kami hadirkan jika tak ada niat baik dari peserta yang hadir dalam kegiatan ini.
“Kami berarap, sekembalinya para peserta dari kegiatan sosialisasi ini, mereka bisa mulai mengaktualisasikan strategi-strategi yang sudah dibagikan oleh pemateri sehingga desa-desa mereka pun akan kian maju kedepan dan tak kalah dari desa-desa lainnya sehingga masyarakatnya pun akan merasakan kesejahteraan secara merata,” tutur Tasidjawa.
Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi itu, Ketua AMGPM Daerah Buru Selatan Alfred E Lesbatta, Sekretaris AMGPM Cabang I Talitakumi Elvis Charles Lahallo dan sejumlah Pengurus Cabang, yakni Novi Luturmas, Rein Tasane, Ferdinand Kouwe, Boby Kilonressy, Neckon Seleky, Sulce Seleky.
Selain itu, hadir pula Ketua GAMKI Kabupaten Bursel, Leksi Sigmarlatu dan sejumlah Panitia kegiatan, yakni Dian Manuhua, Mon Tehuayo, Erick Mailoa dan Junlisbeth Huwae. (AT – 007)

Jadilah Orang Pertama share:
author