Anggaran Cair 100 Persen Proyek Masih Terbengkalai

Ambontoday.com, Ambon – Pekerjaan Pemeliharaan jalan Ahuru Air Besar yang dibelanjai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Maluku senilai milyaran rupiah, diduga telah dicairkan 100 persen namun pekekerjaan tersebut belum juga selesai.

Pantauan Ambontoday.com dilokasi pekerjaan, yang mana pekerjaan tersebut dikerjakan pada bulan September 2015 hingga kini belum juga selesai.

Kepada Ambontoday.com pengawas lapangan dari pihak kontraktor PT. Jakarta Baru Group Harol mengatakan bahwa, pekerjaan tersebut terlambat akibat cuaca alam.

“Pekerjaan ini terlambat karna kondisi alam yang tidak bersahabat, sehingga kami harus CCO dan memulangkan anggaran ke kas Daerah dan harus menunggu dana luncuran Tahun 2016” Katanya.

Membingungkan bahwa, Dana luncuran yang dikatakan diluncurkan bulan Januari 2016, ini menguatkan dugaan bahwa anggarannya sudah dicairkan 100 persen, karena sesuai aturan, dana luncur minimal dicairkan bulan Maret tahun berjalan atau maksimal bulan April tahun berjalan.

Ketika ditemui Panitia Pembuat Komitmen (PPK) Maya Hukom mengatakan bahwa, anggaran tersebut dikembalikan ke khas Daerah, tidak dicairkan seratus persen.

“Kami kembalikan anggaran sisah ke-khas Daerah, dan anggarannya diluncurkan kembali tahun 2016 bulan Maret , “ Jelas Hukom.
Besar dugaan anggaran tersebut tidak dikembalikan ke-khas Daerah, karena pernyataan dari pihak PPK dan Pengawas dari Perusahaan sangat berbeda.

Dimintakan kepada pihak Kejaksaan, Kepolisian, Inspektorat dan BPK untuk dapat mengaudit penggunaan anggaran tersebut, karena besar dugaan ada yang menyelewengkan penggunaannya. (AT.007)

Jadilah Orang Pertama share:
author