23 April 2024
digital Nasional Tekno

Aplikasi ‘SemuaNews’ diluncurkan JMSI

JAKARTA — Ambontoday.com, Organisasi perusahaan pers, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), meluncurkan aplikasi “SemuaNews” di Jaya Suprana School of Performing Arts, Mall of Indonesia (MoI), Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu sore (30/7).

Aplikasi ‘SemuaNews’ diluncurkan pada acara tersebut. SemuaNews merupakan platform yang dibangun oleh JMSI untuk mendukung upaya menciptakan ruang publik digital yang bebas dari hoaks dan ujaran kebencian.

SemuaNews diluncurkan oleh Presiden JMSI Tegu Santosa, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, dan budayawan Jaya Suprana. Peluncuran SemuaNews merupakan seri perdana dari dua buku yang ditulis oleh Tegu Santosa, “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina”, yang berisi wawancara dengan banyak duta besar negara sahabat yang bertugas di Jakarta. “Saya menggunakan kesempatan ini [peluncuran buku] untuk mempresentasikan program kegiatan JMSI.

Program kami ini bernama aplikasi SemuaNews,” kata Tegu. Mantan anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat ini menjelaskan, melalui SemuaNews, pembaca bisa mendapatkan informasi dari media-media yang sudah terverifikasi secara administratif dan faktual oleh pendataan Dewan Pers. “Aplikasi ini terbuka untuk semua media, bukan hanya anggota JMSI.

Itu sebabnya kami menamakannya SemuaNews. Untuk semua penerbit, untuk semua pemirsa, untuk semua anak Indonesia,” kata Tegu. Dalam dunia digital yang berkembang pesat, masyarakat mendapatkan berbagai macam informasi, baik itu informasi yang benar, bohong, maupun ujaran kebencian. Teguh mengatakan bahwa aplikasi ‘SemuaNews’ dapat meminimalisir informasi negatif. Sementara itu, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif JMSI.

Ia mengatakan platform JMSI bisa menjadi wadah bagi media alternatif. “Mungkin aplikasi seperti ini bisa diinisiasi oleh organisasi media lainnya. Saya juga berterima kasih kepada JMSI yang telah me

 

mprioritaskan media yang sudah terverifikasi dalam hal penerapan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers,” ujar Ninik. Peluncuran SemuaNews dihadiri oleh Dr Risar Ramli, mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Koordinasi Maritim; Umar Hadi, Direktur Jenderal Biro Urusan Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Indo

nesia; Yusron Isa, Komisaris Independen PT Dirgantara Indonesia dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang; dan mantan Walikota Medan, Rahudman Harahap. turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Turut hadir pula Duta Besar Rusia Lyudmila G. Borobyeva, Duta Besar Maroko Ouadia Benabdella, Duta Besar Venezuela Radames Jesús Gómez Azuaje, Duta Besar Sudan Yasir Mohamed Ali, Wakil Duta Besar Afganistan Qais Barakzai, dan Penasihat Korea Utara So Gwangyun.

 

Pertemuan ini dihadiri oleh. Para Pimpinan JMSI dari seluruh Indonesia, yang baru saja menghadiri Rapat Pleno Diperluas pada hari sebelumnya pada hari Sabtu 29, juga menghadiri peluncuran SemuaNews. [JMSI/AN].

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X