Apresiasi Bagi Pemkot Ambon, KPw BI Maluku Bangun Tugu Inflasi

 

AMBON, Ambontoday.com– Sebagai Upaya dan Kinerja yang baik dari Pemerintah Kota Ambon khususnya bagi Tim Inflasi yang dimiliki, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku memberikan apresiasi yang tinggi lewat pembangunan Tugu Inflasi di Kota Ambon yang bertempat di Depan Mesjid Al-Fatah – Ambon.

“Tugu inflasi merupakan bagian dari kita memberikan apresiasi kepada Pemerintah kota Ambon yang selama ini bekerjasama dengan baik,” kata Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang kepada media di Ambon, Sabtu (14/12/2019).

Ia mengakui, ketika berbicara inflasi merupakan kerja sama dari OPD yang ada di tingkat pemerintah provinsi Maluku maupun Kota Ambon.

“Ini adalah upaya dari kita untuk memberikan apresiasi kepada OPD yang sudah bekerja sama dengan baik sehingga posisi saat ini kota Ambon di bulan November kemarin adalah deflasi.
Kita memperkirakan sampai dengan bulan ini Inflasinya itu bisa dalam batas sesuai dengan target,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten II Sekretariat Kota Ambon, Robby Silooay, atas nama Pemerintah Kota menyampaikan banyak terima kasih kepada Bank Indonesia di dalam penilaian aktivitas pemkot yang terkait dengan Tim Pengendalain Inflasi kota Ambon.

“Kita mendapat penghargaan karena mengelola inflasi di kota ini, ada terlibat beberapa SKPD yang secara umum yakni pertanian, indag, perikanan dan lainnya yang juga turut menunjang sarana-prasarana dalam inflasi di kota,” katanya.

Oleh kerena itu, pihaknya tetap melakukan pengawasan baik indag terhadap distributor di pasar, pertanian terkait para petani dengan perilaku di pasar karena bisa saja terjadi di luar pengawasan itu, mereka bisa menaikkan standar harga yang tidak bisa kita kendaki dan itu resikonya adalah masyarakat yang menjadi korban terhadap kepemilikkan.

“Sekarang kita berupaya juga untuk barang yang dijual di pasar itu dalam bentuk kilooan (Kg). Kalau, sayur ada sebagian yang masih berbentuk ikat, ikan yang masih dalam bentuk tumpukan. Itu yang akan kita upayakan supaya itu terjadi dengan Kg. Karena ukuran inflasi itu Kg bukan ikat, jadi kita tidak bisa duga-duga di dalam penilaian,” ungkapnya.

Selain itu, BI Maluju juga membantu Pemerintah Kota Ambon dalam berbagai timbangan dan dari kementerian, dan pemerintah daerah akan terus meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan timbangan.

“Tugu inflasi adalah tugu BI yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota.
Selain itu, mereka juga mempercantik kota dengan simbolnya dengan lambang pemkot. Itu menandakan pengendalian inflasi di kota Ambon tetap ada dan berjalan sesuai dengan prosedur yang kita inginkan bersama,” tambahnya. (AT-009)