Aru Dan BPJSK Tandatangan Perjanjian UHC

Ambon, Ambontoday.com – Kabupaten Aru dan BPJS Kesehatan menandatangani perjanjian kerjasama Universal Health Coverage (UHC) sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap jaminan kesehatan masyarakat yang ada di Aru. Penandatangan tersebut berlangsung di Wayame Bay, Kamis (6/12/2018).

Bupati Aru, Johan Gonga kepada wartawan mengatakan pada 1 Desember kemarin, Aru telah mencapai 96 persen masyarakat yang tercover menjadi peserta JKN-KIS. “Total 96 persen jadi semua total mulai dari seluruh masyarakat yang ada di kabupaten kepulauan aru. sebelumnya inikan baru 68 persen, jadi ini kan 1 desember kita mulai kita sudah mencapai 96 persen,” ujarnya.

Menurutnya, dengan mencapai 96 persen masyarakat yang ada di Aru telah terlindungi dan terjamin kesehatannya dan pihaknya akan terus mengcover data masyarakat yang belum terdaftar kepesertaan JKN-KISnya sehingga dapat mencapai 100 persen dan seluruh masyarakat yang ada di Aru dapat terjamin. “Nanti kita akan ada penambahan kurang lebih ada dua ribu peserta. ini untuk melindungi masyarakat kepulauan aru dan harus punya KTP sana,” tuturnya.

Tak hanya itu, untuk menjamin JKN-KIS digunakan dengan semestinya, pihaknya terus melakukan monitoring dan pengawasan serta melakukan evaluasi untuk mengatasi kendala yang ada di lapangan pada saat masyarakat berobat menggunakan kartu JKN-KIS.

“Kan kita ada 30 faskes pelayanan primer itu kan tersebar nanti jadi faskes itukan dia satu puskesmas di bawahi beberapa desa dan sudah di atur. saya contoh ya kalau jerwatu kan desa binaannya kan ada dua desa dan dua desa itu yang berhak berobat ke puskesmas tersebut. pasti kita jalan sambil kita mengawasi kan monitoring kan penting kita evaluasi kita lihat kendala-kendalanya dimana karena contoh ya mungkin ada desa yang dia dapat kartu tapi dia harus berobat ke desa yang agak jauh nah ini mungkin nanti kita evaluasi lagi tapi kita sambil jalan dulu yang penting sudah ada jaminan dulu saya kira evaluasi untuk itu tidak jadi masalah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon menambahkan, masyarakat yang ada di Kabupaten Aru yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 98.888 dengan jumlah total penduduk yakni 103.097. “Sampai dengan hari ini Aru telah tercover 98.888 artinya bahwa 96 persen dibandingkan dari total penduduk kabupaten Aru sudah tercover semuanya total penduduk Aru itu 103.097 dan sudah tercover 98 ribu,” ungkapnya.

Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten Aru sangat gencar untuk melakukan pengcoveran data masyarakat dan akan segera memasukan kembali data masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada bulan Januari 2019 mendatang.

“Ini tadi kemauan keras dari pa bupati atau kemauan dari pemerintah daerah kabupaten Aru ini mereka sementara mempersiapkan data khususnya untuk masyarakat belum tercover untuk dimasukan lagi di Januari kalau memang itu akan terjadi akan semakin tinggi dia bisa mengalahkan yang lain. karena sementara MBD juga memperbaiki ada data-data yang harus dimasukan untuk validasi. nah kalau validasi ini juga itu harus betul kalau memang di tanggung oleh APBD harus orang yang ber-KTP di kabupaten tersebut. itu salah satu indikator juga untuk menentukan coverage se-kabupaten itu,” tutupnya. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author