Saumlaki, ambontoday.com – Para atlet asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) turut meramaikan Gubernur Cup 1, ada beberapa cabang olahraga yang diikuti oleh para atlet, salah satunya cabor Hapkido yang merupakan cabor yang termasuk langkah di Provinsi Maluku, namun lewat Gubernur Cup 1, dari 11 Kabupaten / Kota di Maluku ada delapan yang turut berpartisipasi para atlet cabor itu.

Hapkido adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang berasal dari Korea Selatan. Olahraga ini bergerak dengan prinsip lingkaran yaitu memanfaatkan kekuatan lawan.

Mengenal Teknik dalam Hapkido terdiri dari pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, dan jurus. Dalam beberapa keperluan, pemainnya juga menggunakan senjata tradisional seperti pisau, pedang, tali, tongkat. dalam pertandingan yang resmi, dengan sejumlah aturan permainan yang perlu dipatuhi. 

Hapkido didirikan oleh Choi Yang Sul tahun (1904-1986). Kehidupan Choi sangat dipengaruhi oleh invasi Jepang ke Korea pada tahun 1910. Hapkido mulai dikenal dan resmi berdiri pada tahun 2014 oleh Master Vincentius Yoyok Suryadi sebagai Founder Hapkido Indonesia.

Dengan ciri khas berbusana hitam itu, atlet asal Kepulauan Tanimbar yang ikut dalam kejuaraan HAPKIDO INDONESIA Piala Gubernur Maluku CUP 1 Tahun 2022 yang di gelar di Dojang SPN Passo Polda Maluku tertanggal,15-17 Juli kemarin telah, membuai hasil yang memuaskan serta kesan tersendiri bagi pengurus HAPKIDO Kepulauan Tanimbar dengan meraih sebelas Piala (Medali).

Cabang olahraga itu, ketika dimasukan dalam Gubernur Cup 1, dengan diikuti oleh delapan Kabupaten Kita yakni Kab. SBB, Kota Ambon, Kab. SBT, Kab. Buru, Maluku Tenggara – Kota Tual, Kab. MBD, Kab. Maluku Tengah, Kab. Kepulauan Tanimbar, dengan jumlah peserta 150 atlet.

Diman, dalam bertanding, Abel Reressy berhasil meraih Juara 1 Tingkat Kategori Senior dan Juara 2 Fighter Kategori Senior, Manase Reressy meraih Juara 3 Fighter Kategori Senior, Eusebius Patrick Laiyan Juara 3 Lompatan Kategori Senior dan juara 2 Fighter Kategori Senior, Agustinus Ranbalak Juara 3 Jatuhan Kategori Senior dan Juara 1 Fighter Kategori Senior, Fransiskus Ivakdalam Juara 2 Jatuhan Kategori Senior dan Juara 3 Fighter Kategori Senior, Isaias Teftutul dan Sintia Sambono Juara 3 Double Stick Kategori Junior.

Ketua pengurus Sementara Fransiskus Ongen Rangkore saat dikonfirmasi ambontoday.com lewat telepon selulernya, Senin, (18/7)  mengucapkan banyak terima kasih yang tak terhingga untuk semua pihak yang telah memberikan dukungan serta doanya bagi para atlet yang telah mendapatkan prestasi serta  membawa nama baik daerah bumi Duan – Lolat yang tercinta ini dalam giat dimaksud, bukan hanya ikut meramaikan namun bisa membawakan hasil yang memuaskan.

“Ternyata antusias serta semangat lebih khusus atlet serta pelatih kami dengan persiapannya hanya satu Minggu namun bisa meraih sebelas piala (medali), dan secara umum olahraga lainnya sangat di gemari di kalangan masyarakat Tanimbar,” ujarnya.

memang benar sesuai pengamatan kita olahraga serta para atlet kita kurang diperhatikan secara maksimal oleh pemerintah daerah namun dengan adanya pejabat bupati sementara Daniel Indey kami berharap perlu didukung serta ditunjang minat bakat masyarakat yang selama ini terpendam tandas Rangkore.

Harapan Rangkore dengan prestasi yang dimiliki Hapkido Kepulauan Tanimbar saat ini bisa membakar semangat tunas muda yang ingin bergabung atau mau mengembangkan bakatnya di buka kesempatan sekaligus kepada Atlet Hapkido Kepulauan Tanimbar siap tampil kapanpun dalam berbagai ifen. (AT/SM)