16 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Bakamla Zona Timur Latihan Pengambilan Sampel Pencemaran Laut

Ambontoday.com, Ambon.- Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito, SE. M.Si (Han) didampingi Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Dr. Drs. Haris Djoko Nugroho, M.Si membuka latihan bersama pengambilan sampel pencemaran di laut wilayah timur tahun 2022, bertempat di hotel grand avira Ambon. Senin, 17/10/22.

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia. S.Sos., M.M yang dibacakan oleh Direktur Latihan Bakamla RI, Laksma Bakamla Suwito, SE. M.Si. mengatakan, latihan bersama ini merupakan salah satu implementasi amanah dari peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2022, khususnya dalam menangani masalah pencemaran di laut atau oil spill, Bakamla memiliki tugas untuk melaksanakan patroli keamanan, keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi indonesia.

Dikatakan juga, Penangan pencemaran di laut membutuhkan penanganan khusus dan spesifik, tergantung jenis pencemarannya. Agar dapat tertangani secara efektif dan efisien, personil Bakamla RI, instansi terkait dan instansi teknis membutuhkan latihan sehingga memiliki pengetahuan dan kemampuan yang profesional dalam penanganan pencemaran di Laut. Dalam menjaga keamanan dan keselamatan di laut, tidak bisa berjalan secara sendiri. Namun, diperlukan sinergitas yang kuat dari berbagai stakeholder. Terjalinnya kerja sama yang intens dan sinergi serta saling membantu antara Bakamla RI dengan instansi terkait maupun instansi teknis yang mempunyai kewenangan di Laut, akan memberikan kontribusi terhadap keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi indonesia.

Melalui latihan bersama pengambilan sampel pencemaran di laut wilayah timur pada tahun 2022 ini, diharapkan dapat memberikan pelajaran dan praktek serta meningkatkan profesionalisme penjagaan secara terorganisasi tentang penanganan pencemaran di laut (oil spill) dalam rangka mendukung penyidikan perkara/tindak pidana pencemaran di laut sesuai ketentuan yang berlaku, serta memupuk kebersamaan sekaligus upaya untuk meningkatkan profesionalitas personel masing-masing stakeholder dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Adapun Peserta dalam kegiatan latihan berasal dari Zona Bakamla Timur, Lantamal IX Ambon, Polairud Polda Maluku, Pengawas dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ambon, Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Ambon, Stasiun PSDKP Ambon,Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Maluku dan Stasiun Meteorologi Maritim Ambon.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X