23 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kab.BurSel

Bappeda Litbang BurseL Gelar Musrembang, Ini Harapan Bupati 

Ambontoday.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda dan Litbang Kabupaten Buru Selatan menggelar Musrembang RKPD Kabupaten Buru Selatan Tahun 2025, berlangsung di Aula Kantor Bupati Buru Selatan Rabu 27/3/2024.

Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Sekda Rustam Makatitta menyampaikan bahwa, proses perencanaan pembangunan sebagimana diamanatkan dalam UU 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan secara teknis dijelaskan dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan.

“Peraturan daerah tentang RPJMD, RPJMD serta tata cara perubahan RPJMD, RPJMD dan RKPD, ujarnya.

Jelas Bupati lanjut, Musrenbang kabupaten Buru Selatan dilaksanakan untuk proses penajaman, penyelarasan, klarifikasi terkait rencana kerja Pemda yang telah disusun untuk mendapatkan penyempurnaan melalui beberapa masukan, saran dari stakeholder terkait.

“Sebagaimana kita ketahui beberapa tahapan perencanaan pembangunan telah dilalui dan Musrenbang hari ini merupakan puncak yang menandai bahwa proses finalisasi rancangan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025,” jelasnya.

Namun Bupati mengingatkan bahwa, setelah tahapan perencanaan ini selesai, akan dilanjutkan dengan tahapan pengangguran melalui penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara, serta penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“Sehingga saya berharap seluruh pimpinan OPD beserta jajarannya tetap selalu memegang teguh komitmen yang disepakati bersama nanti, khususnya terkait kegiatan strategis daerah dan program prioritas daerah, harap Bupati.

Bupati mengatakan, sejak dilantik dan bertugas sebagai bupati, dirinya berusaha bekerja keras memberikan yang terbaik untuk masyarakat dengan meninju ke lapangan, melihat, mendengar dan berdialog secara langsung dengan masyarakat terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi, serta harapannya terhadap pemerintah daerah.

“Selanjutnya pemerintah daerah nantinya akan merumuskan berbagai program strategis dan prioritas daerah, yang merupakan solusi Pemerintah daerah dalam menghadirkan berbagai perbaikan dan perubahan terhadap persoalan yang dihadapi. Oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh OPD tetap semangat dalam bekerja,” jelasnya berharap.

Masih Bupati berharap agar OPD dan jajarannya dapat berinovasi dan selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Buru Selatan.

Terkait hal itu kata Bupati wanita pertama di Provinsi Maluku ini bahwa ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian oleh seluruh OPD yakni,

Pertama, seluruh usulan Musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD nantinya disepakati untuk diakomodir dalam renja perangkat daerah tahun 2025 dengan tetap memperhatikan azaz pemerataan wilayah, urgensi kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan serta sinkron dengan prioritas pembangunan kabupaten, provinsi dan nasional di tahun 2025.

Dua, lanjutnya, evaluasi ats pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan secara berkala sehingga teknis pelaksanaan program dan kegiatan dapat meraih tujuan yang diharapkan.

Tiga, Tim anggaran pemerintah daerah agar melakukan evaluasi secara cermat dalam pengalokasian anggaran seluruh perangkat daerah dengan memperhatikan hasil evaluasi capaian kinerja dan keuangan perangkat daerah tahun-tahun sebelumnya.

“Sehingga Perumusan dapat dilakukan secara objektif dan efisien dengan pendekatan money follow program,,” ujarnya.

Bupati Safitri berharap Musrenbang RKPD tahun 2025 dapat menjadikan kabupaten Buru Selatan menjadi lebih baik, maju lagi dimasa akan datang. (Biro BurseL)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X