BAWASLU MBD AKUI REKRUITMEN PPL DI DESA SEPI PELAMAR

Ambon, ambontoday.com – sesuai amanat undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah menghendaki pembentukan panitia pengawas lapangan serta pengawas desa dan kelurahan enam bulan sebelum pungut hitung digelar.
Olehnya itu, Bawaslu Maluku Barat Daya telah membentuk Panwas Kecamatan pada 17 Kecamatan yang ada di Maluku Barat Daya lebih awal, namun kali ini perekrutan panitia pengawas lapangan dan pengawas desa kelurahan sulit dilakukan karena sepi pelamar.
Hal tersebut diakui oleh ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya Jemris Ph. Jonazs S.Pd kepada awak media disela – sela kegiatan bimbingan teknis terhadap panwascam se kecamatan MBD yang digelar di penginapan michelle celline desa kaiwatu kecamatan Moa-Lakor pada minggu 23/2 lalu.
Dikatakan, berdasarkan informasi yang disampaikan dari rekan-rekan panwascam bahwa pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 10-16 Februari 2020 lalu namun hingga saat ini mereka kesulitan melakukan perekrutan terhadap PPL di desa yang mana saat ini masih saja sepi peminat jelas ketua. Menurutnya hal ini dikarenakan kekurangan sumber daya manusia di desa sehingga saat belum ada yang melamar ujarnya. “sejauh ini baru ada dua kecamatan yang sudah melakukan perekrutan yakni, Pp.Terselatan dan Pp.Babar itupun untuk Pp.Babar hanya dua orang yang mendaftar,” kata dia.
Menurut mantan sekretaris Panwas Kabupaten Maluku Barat Daya ini, bahwa perekrutan PPL dan Panwas desa kelurahan kali ini berbeda dengan yang sebelumnya dimana setelah direkrut, harus diseleksi terhadap berkas dan administrasinya kemudian dilanjutkan dengan seleksi tertulis dan wawancara dan kewenangan perekrutan kali ini ada pada teman-teman panwascam ujarnya. Dijelaskan pula bahwa pada saat pembentukan Panwascam beberapa waktu lalu dari 51 orang yang terpilih dan telah dilantik, tiga diantaranya secara resmi mengundurkan diri dengan alasan keluarga dan kesehatan sebutnya. Tiga anggota Panwascam yang mengundurkan diri tersebut berasal dari kecamatan Romang, Wetar dan Wetar Utara. (AT/Jeger)

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!