Piru, Ambontoday,com – Tepat Pukul 14.30 WIT, di Kompleks Desa Kamal Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat SBB, Telah terjadi bentrok  Massa antara masyarakat Desa Kamal dengan Dusun Dokiar Desa Kaibobo Kecamatan Seram Barat, Kabupaten SBB, Kamis (7/12/2018).

Masalah tersebut dilatar belakangi adanya kesalahan pahaman anak Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di Kompleks Timokol atau Desa Kamal dengan Dokiar Kaibobo Pada Tanggal 5 Desember 2017 kemarin, hingga  berlanjut dengan upaya Pembakaran Rumah Ketua PWI Kabupaten SBB, Andy Uniana di Desa Kamal.

Dari Bentrok susulan antar dua warga ini yang membentuk kontraksi massa yang mengakibatkan terjadi Pengrusakan rumah Hery Pasal (43) warga asal Dusun Krispo, kompleks Timokol Desa Kamal serta rumah Andy Souhuken, Apy Kakisina, Hermanus Kakisina, yang merupakan orang Kaibobo tinggal di Kamal.

Adapun Kronologis kejadian dari hasil kordinasi di lapangan bahwa sekitar pukul 13.00 Wit, warga desa kaibobu sekitar 6 orang menggunakan motor yang dipimpin oleh Yopi Putileihalat hendak menemui Andi Unianan (kediaman) maksud kedatangan masyarakat desa kaibobu belum diketahui, sehingga beredar informasi di kalangan masyarakat Desa Kamal bahwa masyarakat Desa Kaibobu akan melakukan pnyerangan di Desa Kamal Sehingga menimbulkan kontraksi masa masyarakat Desa Kamal.

Kemudian Pada Pukul 14.30 WIT, Babinsa Desa Kamal bersama Babinkamtibmas beserta anggota Polsek wasarissa kurang lebih 10 orang menghalau massa dari Desa Kamal dan menyuruh kembali warga Dokiar Desa Kaibobo, namun secara spontan massa dari desa Kamal yang berada di kompleks Timokol Menyerang rumah warga Kaibobo yang berada di desa Kamal yang saat ini di tinggalkan pemiliknya mengungsi ke Dokiar. Yaitu Rumah Hery Pasal (43) asal Dusun Krispo, di kompleks Timokol Desa. Kamal, dan rumah Andy Souhuken, Apy Kakisina, Hermanus Kakisina.
dan Pukul 15.00 WIT, massa membubarkan diri dan situasi kondusif, Babinsa Kamal dan Personil Polsek Wasarissa masih disiagakan di TKP untuk  menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Adapun Kerugian yang diakibatkan  Rumah  Hery Pasal (43) Dusun Krispo,  Desa Kamal Kecamatan Seram Barat Kabupaten SBB dibakar bagian atap sehingga rusak 80 persen,Rumah Andy Souhuken, Apy Kakisina, dan Hermanus Kakisina, kaca bagian depan dan samping dirusak massa. (AT-015)

Print Friendly, PDF & Email