Bentuk Karakter Pemimpin, Pemkot Gelar Peningkatan Kapasitas Bagi Kepsek

Ambon, Ambontoday.com – Untuk membentuk karakter pemimpin yang bertanggungjawab serta peningkatan sistim kepemimpinan yang benar, pemerintah kota melaksanakan kegistan peningkatan kapasitas bagi Kepala Sekolah SD Se-Kota Ambon yang berlangsung di Marina Hotel, Selasa (19/2/2019).

Menurut Kepala BKD Kota Ambon, Benny Selanno, kegiatan tersebut dilakukan untuk membentuk karakter kepemimpinan, peningkatan kinerja dan sistim yang benar bagi pemimpin yang ada terutama untuk Kepala Sekolah yang ada maupun SKPD yang berada di lingkup Pemerintah kota Ambon.

“Peningkatan kapasitas yang dilakukan pemerintah kota Ambon ini kita lebih prioritaskan untuk pimpinan SKPD dan kepala sekolah. artinya kegiatan ini sebenarnya adalah kegiatan pembentukan karakter pemimpin, pembentukan dalam rangka meningkatkan kinerja, tanggung jawab dan sistim kepemimpinan yang benar terhadap semua pemimpin,” ujarnya.

Dia berharap, dengan kegiatan ysng dilaksanakan para kepala sekolah dapat menerapkan apa yang diperoleh pada setiap guru yang merupakan bawahannya hingga para siswa yang ada.

“Dari kegiatan ini kita harapkan dari semua pemimpin terutama kepala sekolah dapat menerapkannya kepada setiap guru bawahannya bahkan kepada murid. nah pembentukan karakter yang dimaksudkan ini adalah bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, benar, bertanggungjawab yang memiliki loyalitas dan tanggung jawab terhadap tugas pengabdian kepada bangsa terutama kepada kota ini,” tuturnya.

Sementara itu, Mintje Tupamahu Asisten I Pemerintah kota Ambon, dalam sambutannya mengatakan, penguatan kapasitas kepala sekolah merupakan kunci penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. “Karena kepala sekolah merupakan penanggung jawab dalam proses belajar mengajar di sekolah, dan bersama komite sekolah merupakan pengambil keputusan tertinggi dilingkungan pendidikan,” ungkapnya.

Lanjutnya, sektor pendidikan formal dan non formal perlu ditingkatkan lagi fungsi dan perannya sehingga mutu pendidikan dan pendidik yang ada di kota Ambon dapat lebih baik. Dengan begitu, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi semua yang mengikuti.

“Saya sangat berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal serta berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing,” tutupnya. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author