Ambontoday.com, Ambon.- Ketua DPP Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Maluku, Evans Reynold Alfons kepada Wartawan, Rabu 2 Agustus 2022 menyampaikan, saat ini Partai PKP baik dari tingkat Pusat sampai ke daerah telah siap untuk mengikuti Verivikasi Administrasi (Vermin) dan Verivikasi Vaktual (Vervak), begitu juga dengan DPK PKP Provinsi Maluku.
“Iya saat ini Partai PKP di seluruh tingkatan baik Pusat maupun daerah telah siap mengikuti Verivikasi Administrasi maupun Verivikasi Vaktual, begitu juga dengan DPP PKP Maluku dalam menghadapi Pileg 2024 nanti.
Seluruh berkas kelengkapan DPP PKP Maluku dalam rangka mengikuti Vermin dan Vervak sudah diserahkan ke DPN Pusat untuk selanjutnya akan mengikuti tahapan Verivikasi,” jelas Evans.
Dirinya mengatakan, selain keikutsertaan dalam Vermin dan Vervak, DPP PKP Mauku juga memiliki beberapa agenda penting dalam rangka penguatan dan konsolidasi partai di tingkat Provinsi sampai Kabupaten/Kota.
“Dalam rangka penguatan komposisi Caleg DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota maka DPP PKP Maluku akan segera meminta DPK PKP Kabupaten/Kota untuk segera mengajukan daftar nominative Caleg 2024 paling lambat tanggal 31 Agustus 2022.
Sementara terkait usulan PAW untuk 2 anggota DPRD asal Partai PKP yakni Kota Ambon dan Kabupaten MBD, surat usulan PAW sudah disampaikan kepada Ketua DPN PKP Pusat untuk diproses. Selanjutnya sesuai arahan Ketua DPN PKP Pusat bahwa proses PAW ini akan dilanjutan setelah seluruh tahapan Verivikasi selesai,” ungkap Alfons.
Sebagai Ketua DPP PKP Maluku, Alfons menegaskan, terkait figure PAW siapapun orangnya hal itu tidak penting, yang terpenting adalah saat ini bagaimana DPP PKP Maluku berbenah diri serta melakukan pembersihan bagi kader-kader partai yang tidak amanah terhadap aturan dan keputusan serta terkesan menjadi pengkhianat bagi partai PKP.
“Melakukan pembenahan serta pembersihan dalam tubuh partai terkhusus bagi para Kader Partai PKP jauh lebih penting dibanding mengejar ambisi sesaat dengan bertopeng pada ambisi dan kemunafikan yang pada akhirnya tidak patuh dan berkhianat pada setiap aturan maupun keputusan Partai,” tandas Ketua DPP PKP Maluku, Evans Alfons.
Diketahui saat ini kesiapan DPP PKP Maluku dalam Vermin dan Vervak sudah maksimal, dari 11 Kabupaten/Kota di Maluku sudah ada 10 pengurus DPK yang terbentuk, hanya tinggal DPK Kabupaten Buru yang dalam proses pembentukan saat ini.