21 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Lingkungan Hidup

Bersama Pemerintah, PLN Siap Atasi Persoalan Tanaman Mangrove di PLTD Poka

Ambontoday.com, Ambon.- PT PLN Persero Unit Induk Wilayah Maluku – Maluku Utara menyatakan siap memberikan kontribusi apapun bersama pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Lingkungan Hidup serta pihak lain dalam upaya merehabilitasi tanaman Mangrove yang mati akibat terkontaminasi polusi air laut di unit PLTD Poka.

Hal ini disampaikan Manager Komunikasi PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku – Maluku Utara, Saiful Ali kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa 7 Maret 2023.

Dikatakan, selama ini pihak PLN tetap berkomitmen untuk memberikan andil bersama pemerintah daerah, UNPATI, BRIN dan pihak lainnya untuk sama-sama mencari solusi mengatasi persoalan ini.

“Menindak lanjuti hasil pertemuan bersama dengan Komisi 3 DPRD Kota Ambon belum lama ini, kita semua sepakat untuk tetap bersama mencari solusi guna mengatasi dampak polusi air laut yang menyebabkan matinya tanaman Mangrove di Poka.

Intinya Pihak PLN siap memberikan kontribusi apapun, namun saat ini kita semua masih menunggu hasil uji dari alat yang sedang dipasang oleh pihak UNPATI di sekitar lokasi.

Setelah melakukan rapat bersama DPRD Kota Ambon, semua pihak yang berkepentingan di bawah koordinasi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku telah melakukan Bhakti bersama membersihkan lokasi sekitar tanaman Mangrove yang mati dari sampah dan endapan lumpur kemudian kita memasang jaring di sekitar untuk mencegah sampah masuk ke areal tersebut,” jelas Syaiful.

Menurutnya, sudah merupakan tanggungjawab PLN dimana saja berada untuk turut melestarikan lingkungan sekitar dari polusi dan pencemaran sesuai salah satu program transformasi PLN yakni “Green” yaitu pola kerja berbasis lingkungan.

“Pihak PLN juga memiliki andil dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan di sekitar PLTD Poka dimana sudah sejak awal kita turut berpartisipasi dalam penanaman tanaman Mangrove di lokasi itu.

Jadi sambil menunggu hasil uji alat yang di pasang UNPATI kita tetap melakukan kordinasi dengan Pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk mengatasi persoalan ini,” ungkapnya.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X