Sahuburua : Kesiapan Tanwir Muhammadiyah Capai 90 Persen

Ambon, Ambontoday.com – Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua sekaligus Ketua Panitia Penyelenggaraan Tanwil Muhamdiyah, saat Konferensi Pers di lantai II Kantor Gubernur Maluku, Selasa (21/02). Dalam arahan Sahuburua mengatakan, pelaksanaan dari berbagai ivent di Maluku yang berjalan baik merupakan keberhasilan dari Provinsi Maluku di Mata dunia. Oleh karena itu, Provinsi Maluku diberikan kepercayaan yang keempat kalinya untuk melaksanakan Tanwil Muhamadiyah di Seluruh Indonesia, agar daoat berjalan dengan baik.

“Maluku dijadikan tuan rumah pelaksanaan Tanwil Muhamadiya, agar semua masyarakat dapat melihat secara dekat dan tidak hanya mendengar tentang situasi dan kondisi Maluku yang aman, nyaman dan damai, relegius dan dijiwai oleh semangat silawalima lewat pemberitaan media,” kata Sahuburua.

Oleh karena itu, masalah keagamaan sangat penting, sehingga harapan kita untuk menjadikan Maluku sebagai laboratorium pembinaan umat beragama di seluruh Indonesia dan lebih dari itu pemerintah Provinsi Maluku akan memberikan suasana baru dalam rangka menjaga stabilitas diantara umat beragama .

Sahuburua mengakui, sampai saat ini persiapan untuk Tanwil Muhamadiyah sudah mencapai 90 persen. Oleh karena itu, dibawah sorotan Tema Kedaulatan dan Keadilan Sosial Bagi Indonesia yang Berkemajuan, maka diharapakan agar masyarakat di Maluku khususnya Kota Ambon dapat menyambut dan menyukseskan kegiatan ini dengan penuh rasa persaudaraan antar umat beragama yang saling rukun, damai dan sejahtera.

Sahuburua juga menginformasikan, bahwa pelaksanaan Tanwil Muhamadiyah akan dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Jumat (24/02) pukul 10.00 Wit di Islamic center, oleh karena itu , Joko Widodo yang direncanakan akan tiba di Kota Ambon, pada Kamis (23/02) tepat pukul 19.00 WIT dengan menggunakan pesawat Kepresidenan.

Maka dengan itu, kesiapan Presiden dalam pelaksanaan Tanwil Muhamadiyah akan dikoordinasikan secara bersama dengan Paspanpres, yang akan tiba hari ini (kemrin-red) pukul 14.00 Wit dengan menggunakan pesawat Garuda.

Lanjut Sahuburua, peserta yang sampai saat ini telah tercatat sebanyak 500 orang, sedangkan yang akan ditargetkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku sebanyak 800-1000 orang, karena ada beberapa provinsi yang memiliki jarak jauh untuk datang sehingga membutuhkan waktu.

Disisi lain, terdapat acara yang sangat penting dalam kegaiatan Tanwil Muhamadiyah yaitu Pawai Taaruf yang melibatkan semua masyarakat baik muslim maupun kristen yang berjumlah 2000 orang. Adapun rute dari pelaksanaan Pawai Taaruf diantaranya, star dari Lapangan Merdeka, Gereja Maranatha, Jalan Ahmad Yani, Kodam, Rumah Panglima, Prigilima dan Final di Lapangan Merdeka.

Ditambahakan, lagu khusus dalam pembukaan Tanwil Muhamadiyah yaitu berjudul Sang Surya yang akan dilantungka oleh siswa-sisai SMK Muhamadiyah dan Mahasiswa STKPN.

“Persiapan-persiapan yang dilakukan oleh panitia khususnya untuk stabilitas keamanan dan akomodasi telah dipersiapakan dengan baik,”paparnya.

Sahuburua berharap, adanya partisipasi aktif dari masyarakat sangatlah penting, agar Tanwil Muhamadiyah yang digekar di Maluku dapat dipromosikan ke dunia luar bahwa Maluku merupakan daerah yang sudah aman, nyaman dan damai. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author