Kunjungi Poltek Ambon, Menristek Dikti Lantik Direktur Baru

Ambontoday.com, Ambon.-  Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, secara resmi mengambil sumpah dan melantik John Kafiane Elwarin,MT,MM sebagai Direktur Politeknik (Poltek)Negeri Ambon Sabtu (25/2) bertempat di Politeknik Negeri Ambon.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Direktur Politeknik Negeri Ambon ini adalah yang pertama dilakukan di daerah, karena seperti biasanya, pelantikan direktur pendidikan tinggi seperti ini dilakukan di Pusat secara langsung oleh Menteri.

Pelantikan Elawarin ini akan melanjutkan kepemimpinan Direktur Poltek yang lama yang berhenti di tengah jalan sesuai masa periodisasi sekaligus mempersiapkan pemilihan direktur Poltek berikutnya.

Kepada wartawan usai menyampaikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Poltek Ambon, Menristek Dikti, Mohammad Nasir mengatakan, selain melantik dan mengambil sumpah Direktur Poltek Ambon yang baru, tujuan kunjungannya ke Poltek Ambon juga dalam rangka rencana revitalisasi Poltek Negeri Ambon dari  12 Politeknik di Indonesia yang dipilih Kemenristek Dikti untuk mengembangkan pendidikan vokasi yang nantinya kedepan menjadi ujung tombak Politeknik di Indonesia, dimana untuk Indonesia bagian timur berada di Politeknik Negeri Ambon.

Dikatakan, susuai anggaran yang disediakan Kemenristek Dikti untuk revitalisasi 12 Politeknik di Indonesia jumlahnya ada 200 miliar, dan Poltek Ambon akan kebagian alokasinya untuk membenahi perlengkapan laboratorium yang ada di Poltek Ambon.

Selain revitalisasi dilakukan untuk sarana prasarana pendukung, menurut Nasir, para Dosen yang ada di 12 Politeknik di Indonesia juga akan direvitalisasi untuk menyiapkan sumber daya manusia.

Sementara itu, ketika ditanya terkait dukungan program pendidikan untuk mendukung eksplorasi Blok Masela, menurut Mohammad Nasir, jurusan yang ada di Poltek Negeri Ambon masih kurang, untuk itu pihak Unpatti juga diminta untuk berkolaborasi bersama Poltek Negeri Ambon dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia guna memenuhi kebutuhan Blok Masela.

“Untuk D1, D2 dan D3 akan disiapkan oleh Politenkin Negeri Ambon, sementara untuk S1 dan S2 akan disiapkan oleh Unpati, contoh untuk jurusan Pertambangan, itu kan belum ada dan tidak ada Diploma Pertambangan harus sarjana, untuk itu pihak Unpati juga akan didorong supaya membuka Fakultas Pertambangan agar kedepan dapat menyiapkan sumber daya manusia guna mendukung pengembangan Blok Masela,” ujar Menteri.

Nasir juga mengatakan, setelah melakukan kunjungan ke laboratorium yang ada di Poltek Ambon, dirinya menyatakan peralatan yang ada di Laboratorium Poltek Ambon masih sangat kurang, untuk itu dalam rangka revitalisasi ini nantinya peralatan Laboratorium akan dibenahi dan dilengkapi sebagaimana mestinya. (AT-008)

Jadilah Orang Pertama share:
author