Salahudin Wahid Akan Hadiri Dialog Kerukunan Umat Beragama

Ambontoday.com, Ambon.- Dalam rangka terus memupuk serta menjaga kerukunan hidup umat beragama serta menegakan Maluku sebagai laboratorium kerukunan umat beragama di dunia. Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Maluku akan mengelar agenda rutin tahunan yakni, Dialog Kerukunan Umat Beragama yang akan digelar Rabu (5/4).

Kegiatan ini merupakan misi sebagai implementasi dari visi Kementerian Agama karena Maluku sudah dijadikan sebagai Laboratorium kerukunan beragama di seluruh Indonesia maupun di dunia Internasional.

Hal ini disampaikan Kepala Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis S.Ag kepada wartawan di ruang kerjanya Senin (3/4).

Menurutnya selama ini kakanwil Kemenag Provinsi Maluku selalu mendorong kerukunan dan toleransi umat beragama, oleh karena itu semua program yang ada di lingkup Kemenag Provinsi Maluku fokus pada pembinaan kerukunan beragama.

“Kita akan fokus pada pembinaan kerukunan beragama dan salah satu kegiatan yang dijadikan sebagai icon adalah dialog kerukunan beragama,” ujar bugis.

Pada penyelenggaraan kali ini, menurut Bugis, melibatkan 5 komponen golongan Agama yang ada di Maluku antara lain , Islam, Kristen, Kristen Katolik,  Budha dan Hindu dan yang menjadi narasumber adalah tokoh Nasional yaitu DR. Ir. KH. Salahudin Wahid dari Organisasi NU yang adalah adik dari almarhum mantan Presiden, Gusdur, salah satu tokoh bangsa yang sangat nasionalis.

Peserta nantinya yang dilibatkan menurutnya sebanyak kurang lebih 300 orang yang direkrut dari 5 komponen Agama yang ada di Maluku, dan yang paling utama adalah Islam Kristen dan Katolik.

Ia menambahkan, kalau nantinya pembukaan Dialog Kerukunan Umat Beragama itu akan dilakukan oleh Gubernur Maluku, Ir Said Assagaff, bertempat gedung Maluku City Mall (MCM) dengan tema sentral dari kegiatan ini adalah “Mewujudkan Masyarakat Maluku  yang Aman, Damai dan Sejahtera Dalam Rangka Mendukung Visi Misi Pemerintah Provinsi Maluku.” (AT-08)

Jadilah Orang Pertama share:
author