Pemkot Ambon Terima Penghargaan Inagara

JAKARTA, ambontoday,com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dianugrahi penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta. Penghargaan tersebut diterima langsung Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Senin (7/8) di kantor LAN, Jakarta.

Penghargaan yang diterima oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy bertepatan dengan Hari Ulang Tahun LAN ke-60 tahun 2017.

Kota Ambon masuk dalam kategori daerah yang dinilai berkomitmen tinhhi terhadap pengelolaan inovasi administrasi negara dari 11 Kabupaten/ Kota di Provinsi Maluku.

Selain itu, ada 11 daerah yang diberikan penghargaan serupa sebagai daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan administrasi Negara yakni Kabupaten Kudus, Kabupaten Tulung Agung, Kabupaten Banyumas, Kota Solo, Kabupaten, Bone, Kabupaten Seragen, Kabupaten Prubalingga, Kabupaten Banjar, Kabupaten Badung, Kota Tasik Malaya dan provinsi Kalimantan Utara.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala LAN DR. Adi Suryata, yang didampingi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur.

Kepala LAN, Adi Suryata, dalam sambutannya mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada perorangan, lembaga serta sejumlah daerah merupakan sebuah penghargaan karena dinilai sebagai daerah yang berkomitmen dalam pengelolaan inovasi administrasi negara.

“Jadi penghargaan ini diberikan agar ada peningkatan yang lebih baik lagi dalam penataan administrasi maupun birokrasi,” tegasnya.

Diharapkan, kedepan dapat melahikan ASN yang lebih baik dan mampu berinovasi dalam pengelolaan administrasi.

Menurutnya, setiap ASN perlu diperkuat kedisiplinan dan memiliki karakter sebagai pelayanan masyarakat, sehingga secara bersama bahu membahu meningkatkan terobosan dan inovasi baru untuk menyelesaikan masalah birokrasi.

“Kita ingin pendidikan benar-benar merupakan pondasi atau dasar bagi ASN,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan sampaikan, penghargaan Inagara yang diberikan LAN kepada Kota Ambon karena dianggap berprestasi dalam upaya mendata, mengelola dan memperbaiki administrasi negara di Indonesia.

“Tadi ada beberapa menteri juga yang dapat penghargaan, kemudian beberapa lembaga juga turut mendapat penghargaan Inagara. Termasuk 12 daerah yang didalamnya ada kota Ambon karena dianggap berprestasi. Sehingga diapresiasi dari LAN dalam penataan pengambangan sistim adimistrasi satu-satunya mewakili 11 kabupaten/kota di Maluku, yaitu kota Ambon,” terang Louhenapessy.

Dia menilai, di era ini banyak perubahan yang terjadi, sehingga tidak mungkin tetap berpegang terhadap pola konfensonal, pola linier dan pola rutinitas, tetapi perlu melangkah untuk melahirkan inovasi, sebagai prasyarat, bagi setiap daerah dalam mengejar atau menyesuaikan diri dengan perubahan sosial.

Diakui, Walau mendapat penghargaan Inagara, namun dirinya sadar bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan pada pemerintah kota.

‘’Paling tidak dengan penghargaan ini akan memacu kita untuk terus memperbaiki. Dan saya optimis kota Ambon akan menjadi kota yang inovatif,” tandasnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author