Najwa : Teknologi Harus Untuk Cari Pengetahuan

 

Ambon, Ambontoday.com – Teknologi yang semakin maju harus digunakan tidak hanya untuk bersosial media tetapi juga untuk mencari pengetahuan lebih banyak lagi. Hal ini disampaikan oleh Duta Baca Indonesia, Najwa Shibab kepada wartawan di Maluku City Mall, Kamis (8/3/).

Menurutnya, teknologi yang semakin modern harus diseimbangkan oleh manusia terutama generasi muda untuk lebih memperoleh banyak informasi maupun pengetahuan yang akan berguna bagi masa depannya. “Teknologinya itu digunakan untuk mencari pengetahuan,” ujarnya.

Dia mengatakan, Teknologi digital sekarang banyak dipakai oleh masyarakat untuk bersosial media, untuk itu tidak dapat dilarang karena sudah menjadi hak dari masyarakat untuk menggunakan teknologi yang ada.

Namun, harusnya ada keseimbangan terhadap penggunaan teknologi yang ada antara sosial media dan pengetahuan yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi itu sendiri.

“Jadi bersosial media tidak mungkin dilarang, tidak bisa dilarang, tidak perlu dilarang asal kemudian juga ada upaya untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan minat baca,” tuturnya.

Oleh karena itu, pemerintah harus dapat menyediakan dan memfasilitasi apa yang diperlukan untuk menumbuhkan minat baca dari masayrakat itu sendiri dengan berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi. “Bisa dilakukan oleh pemerintah, bisa dilakukan oleh sekolah adalah menyediakan fasilitas, menyediakan akses,” tambahnya.

Baginya, dengan  mendownload perpustakaan digital yang bisa diakses secara gratis lewat Handphone adalah salah satu cara kita menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengetahuan. “Dan bagaiman  dimanfaatkannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa lewat berbagai aplikasi yang memungkinkan kita untuk lebih banyak membaca,” terangnya.

Dia mengungkapkan, Walupun pemerintah sudah menyediakan akses dan fasilitas yang memadai dan mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi,  namun minat baca masayrakat tidak dengan mudah dapat ditumbuhkan jika titdak adanya kesadaran dari diri sendiri. Oleh karena itu, kesadaran tersebut harus ditumbuhkan dan dibiasakan pada awalnya dari keluarga.

“Keluarga sangat berperan penting dalam menumbuhkan minat baca seseorang, karena  dari keluarga yang dibiasakan untuk membaca akan diperbiasakan juga ditempat umum,” terangnya.

Selain itu, minat baca dari masyarakat yang ada dapat meningkat dan pengetahuan yang diperoleh juga sangat bermanfaat terutama bagi generasi milenial.

“Menyukai buku itu harus muncul dari kesadaran harus di biasakan. tetapi kemauan itu harus didorong terutama harus dibiasakan dari keluarga,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya gerakan Ambon gemar membaca yang telah dicanangkan oleh pmerintah kota Ambon, diharapkan dapat lebih menumbuhkan minat baca dari masyarakat. Karena gerakan Ambon gemar tidak akan berhasil jika tidak dilakukan secara bersama-sama baik oleh masyarakat maupun pemerintah.

“Mudah-mudahan ini akan jadi gerakan yang betul-betul dilakukan oleh semua. jadi ini memang disarankan bagi semua. jadi ini memang dicanangkan oleh pemerintah tetapi ini gerakan hanya bisa berhasil kalau semua pihak terlibat jadi masyarakat, pihak swasta, sekolah, orang tua murid. ini akan hanya menjadi gerakan yang membawa dampak dan pengaruh kalau semuanya bahu membahu untuk melakukan karena tidak bisa di paksa. karenanya sekali lagi ini merupakan gerakan yang hanya akan berhasil kalau semuanya berupaya bersama-sama untuk menyukseskan gerakan ambon membaca ini,” tutupnya. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author