Silooy : Beberapa Komoditi di Tiga Pasar Alami Peningkatan

AMBON, Ambontoday.com – Beberapa komoditi yang ada di tiga pasar di Kota Ambon mengalami peningkatan harga yang sama maupun berbeda. Hal ini diakui oleh Kepala Bidang Perdagangan di Dinas Perindusterian dan Perdagangan Kota Ambon, Rina Silooy kepada awak media di ruang kerjanya, (Selasa 24/7).

Menururtnya, peningkatan harga cabe yang ada di tiga lokasi pasar yaitu pasar Mardika, pasar Batumerah, dan pasar Passo rata-rata harganya adalah Rp. 60.000 per Kg. “Harga ini merupakan harga tertinggi, sedangkan harga terendah pada ketiga pasar tersebut adalah Rp.50.000 per Kg,” katanya.

Ia mengakui, data dari hasil harga cabe ini merupakan pengawasan yang dilakukan pihaknya pada senin kemarin.

Selain itu, Ia menambahkan, peningkatan harga juga terjadi pada komoditi sayur mayur. Dimana, berdasarkan data dari hasil pantauan, komoditi sayur kangkung, bayam yang ada pada tiga pasar tersebut mengalami peningkatan harga sebesar Rp.5.000 per ikat dari harga biasanya adalah Rp.5.000 per ikat.

“Naiknya komoditi harga sayur yang ada di tiga lokasi pasar tersebut dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu curah hujan yang terjadi di Kota Ambon,” akuinya.

Tak hanya itu, Lanjutnya, komoditi sayur buah yaitu Buncis yang ada di pasar Passo dan padar Batumerah mengalami peningkatan harga yang sama yaitu dari harga terendah Rp. 15.000 per Kg menjadi Rp. 20.000 per Kg, sedangkan harga di pasar Mardika dari Rp. 15.000 per Kg meningkat menjadi Rp. 25.000 per kg.

Disisi lain, harga tomat yang ada di pasar Mardika dan pasar Batumerah mengalami peningkatan yang sama yaitu Ro.15.000 per Kg dari harga sebelummnya Rp. 13.000 per Kg, sedangkan pada pasar Passo herganya berbeda yaitu Rp. 18.000 per Kg dari harga terendah adalah Rp. 13.000 per Kg.
Sedangkan, harga yang ada pada komoditi lainnya berada pada harga yang stabil. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author