40 Peserta Ikut Lomba Lukis Kanvas

Ambon, Ambontoday.com – Sebanyak 40 peserta yang berasal dari siswa SMA se kota Ambon dan juga dari masyarakat kota Ambon mengikuti lomba lukis kanvas yang dilaksanakan oleh Pemerintah kota Ambon bersama Kodim 1504. Kegiatan tersebut berlangsung di Maluku City Mall, Tantui, Selasa (14/8/2018).

40 peserta tersebur terdiri dari 37 peserta yang berasal dari SMA se-kota Ambon dan 3 peserta umum.

Dalam arahannya, Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon, Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta mengatakan lomba kanvas dilaksanakan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 dan dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Yang sebenarnya perintah itu turun dari markas besar angkatan darat agar seluruh kodim di wilayah Indonesia ini dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI agar melaksanakan lomba lukis kanvas di seluruh jajaran. jadi pelaksanaan ini bukan hanya di Ambon tapi di seluruh indonesia. dan bertepatan dengan HUT Kota Ambon makanya kita padukan kegiatan ini dengan pemerintah kota,” ujarnya.

Dikatakan pemenang lomba akan dikirimkan ke Kodam seluruh jajaran Maluku untuk bertanding lagi dan yang terbaik akan mewaliki Provinsi Maluku untuk ke Jakarta pada HUT TNI yang jatuh pada 5 Oktober.

“Ending dari kegiatan ini bukan cuma sampai disini jadi nanti siapa yang terpilih nanti sebagai yang terbaik itu akan kita kirimkan ke kodam di seluruh jajaran maluku maupun maluku utara. ini perwakilan dari kota Ambon, ada juga perwakilan dari namlea semuanya seperti itu. nanti yang terpilih sebagai yang terbaik akan kita undang lagi di makodam apakah itu melukis lagi atau menjelaskan lukisan nanti kita lihat dari bapak panglima kodam. kalau nanti terpilih lagi dari makodam ending terakhir akan diundang pada saat HUT TNI di Jakarta itu 5 Oktober,” tuturnya.

Lomba ini dilaksanakan juga untuk mencari bibit seni dari anak-anak yang ada di kota Ambon. “Ini dilakukan untuk bibit seni yang ada dapat muncul dan ini lukis kanvas . kenapa kanvas karena kalau kertas biasa anak TK pun tahu kalau kanvas butuh ketelitian yang lebih dari peserta,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler menambahkan, lukisan itu seni untuk mengekspresikan batin, jiwa serta perasaan yang dirasakan dan dituangkan diatas kanvas.

“Lukisan itu tidak bisa dipengaruhi oleh orang lain karena harus benar dari jiwa orang yang melukis tersebut,” terangnya.

Dia berharap para peserta dapat meluksi dengan baik dan lebih teliti karena media yang digunakan adalah kanvas. (AT – 011).

Jadilah Orang Pertama share:
author