Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkot Gelar Bimtek PLK Koperasi

AMBON, Ambontoday.com – Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar memiliki kemampuan dalam Penyusunan Laporan Keuangan (PLK) yang berkualitas, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Ambon gelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) yang berlngsung selama dua hari di Hotel Marina Ambon, Rabu (29/8).

Kegiatan Bimtek ini dioeruntukan kepada pengurus koperasi dan anggotanya di Kota Ambon yang mampu dan berkualitas dalam melakukan PKL, dengan jumlah peserta berjumlah 250 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota koperasi aktif.

Walikota Ambon, Richard Louhenapesssy kepada awak media usai acara pembukaan mengatakan,Pemerintah Kota betul-betul lagi memberikan perhatian terhadappembinaan koperasi, karena fakta membuktikan kurang lebih 630 Koperaai yang ada di Kota Ambon, yang aktif hanya 258 dan 382 tidak aktif dan hanya sebagai koperasi papan nama saja.

“Itu bisa disebabkan karena obsesi dan motivasinya tidak kuat untuk menjadikan koperasi ataupun juga kehendak untuk membentuk koperasi tidak kuat,” ungkapnya.

Ia mengakui, sadar akan hal itu, maka jumlah koperasi yang aktif hingga saai ini akan betul-betul didorong supaya dinas koperasi melaksanakan program peningkatan kualitas sumber daya khusus menyangkut soal bagaimana mengelola keuangan, menyusun laporan keuangan.

“Karena dengan laopran keuangannya bagus, mereka mau pinjam uang dari bank itu jauh lebih mudah, dan sebaliknya pihak bank akan ragu dalam meminjamkan uang pada lapiran keyangan yang tidak bagus bagi masing-masing koperasi di Ambon,” paparnya.

Ia berharap, koperasi di Ambon bisa betul-betul mendorong anggota dan masyarakat untuk berpikir dan berperilaku secara ekonomis yang baik.

“Ada beberapa koperasi yang bagus-bagus dan tiap kali ada dalam rapat anggota tahunannya, tapi ada juga yang mengalami kusilitan maka hal ini merupakan programmnya untuk mendorong agar koperasi tetap berkembang baik,” tandasnya. (AT-011)

Jadilah Orang Pertama share:
author