318 Peserta Ikut Bimbingan Sosial Keluarga Fakir Miskin


Ambon, Ambontoday.com – Sebanyak 318 peserta mengikuti Bimbingan Sosial yang diperuntukan bagi keluarga fakir miskin yang ada di kota Ambon. 318 peserta tersebut terdiri dari 308 perwakilan kelompok (KUBE) dan 10 dari pendamping sosial. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Wanita, Rabu (12/12/2018).

Tujuan dari kegiatan ini sendiri, untuk membantu masyarakat miskin melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) serta mengurangi angka kemiskinan melalui pendekatan kelompok berbasis usaha.

Dalam Sambutan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang diwakili oleh Asisten I Sekertariat Kota Ambon, Mintje Tupamahu mengatakan, bimbingan sosial yang diberikan memiliki arti strategis dalam upaya perbaikan pelaksanaan program bantuan sosial.

“Dengan dilakukan bimbingan sosial kepada penerima bantuan sangat diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar,” ungkapnya.

Selain itu, ada dua kelemahan dalam program pengentasan kemiskinan yakni, tidak optimalnya mekanisme pemberdayaan warga miskin serta asumsi yang dibangun di kalangan warga miskin lebih menekankan pada modal.

“Konsep ini dianggap menghilangkan kendala sikap mental dan kultural yang dimiliki oleh pengetahuan, sikap, dan perilaku kelompok miskin secara lebih konstruktif,” ujarnya.

Untuk itu, dalam upaya pengentasan kemiskinan, pemerintah menghadirkan program KUBE untuk membantu masyarakat miskin yang ada. Dengan KUBE, masyarakat yang tergabung dalam beberapa kelompok diberi modal untuk membangun usaha ekonomi.

“Idealnya, KUBE dibentuk oleh Desa yang beranggotalan 10 orang KK dari keluarga miskin. KUBE mengelola usaha yang diberikan oleh pemerintah dengan terfokus pada pengembangan usaha,” tuturnya.

Dalam pemodalan untuk KUBE sendiri, pemerintah tidak memberikan uang tunai tetapi berupa barang yang diperlukan dalam kelompok untuk membangun usaha yang didirikan.

Tak hanya itu, untuk pengentasan kemiskinan bagi warga yang ada di kota Ambon khususnya, pemerintah juga menyediakan pendamping sosial yang bertuga mengawasi dan mendampingi masyarakat miskin dalam menjalan usahanya.

“Pendamping sosial dimaksud bertugas membina dan mengembangkan KUBE. sehingga dapat bersama-sama anggota KUBE dalam mengidentifikasi masalah, menyusun perencanaan, pelaksanaan kegiatan, menjalin kerjasama dan lainnya,” tambahnya.

Dia berharap, melalui bimbingan sosial yang diberikan, penerima bantuan KUBE yang tak lain meruapak warga miskin di kota Ambon dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik dan menggunakan bantuan yang diberikan dengan semestinya. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author