2019, Pasukan Pink Fokus Bersihkan Sungai Di Ambon

AMBON, Ambontoday.com– Dinas PUPR Kota Ambon melalui Bidang Pengembangan Sumber Daya Air (PSDA) dan Infrastruktur Pemukiman mengerakan pasukan pink sebanyak 89 orang untuk lebih fokus membersihkan sungai-sungai yang ada di Kota Ambon di Tahun 2019.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Air dan Infrastruktur Permukiman, Dinas PUPR Kota Ambon, Chandra Futwembun kepada Media ini di ruang kerjanya, Selasa (8/1/2019).

Menurut Futwembun, tahun ini pasukuan pink akan lebih memfokuskan kerja ke aliran sungai, dan pembersihan saluran -saluran serta jalan di dalam kota juga akan tetap terpantau.
“Tahun kemarin pasukan pink lebih memfokuskan kerja pada saluran-saluran dalam got hingga tidak menyebabkam sampah yang bermunculan saat hujan deras. Oleh karena itu, 2019 pasukan pink ahlihkan pekerjaan ke aliran sungai,” ungkapnya.

Ia mengakui, sungai – sungai yang akan dibersihkan oleh pasukan pink yaitu sungai Wai Batumerah, Wai Tomu, Wai Batugajah dan Wai Batugantong. Hal ini bertujuan agar penghragaan Adipura yang diraih oleh Pemerintah Kota Ambon bukan sekedar nama tetapi betul-betul nyata kebersihan yang dirasakan oleh Pemerintah dan masyarakat di Ambon.

“Kami ingin Adipura yang diraih oleh Pemerintah Kota Ambon betul-betul nyata dalam tindak kerja lewat pembersihan sungai yang dilaksanakan oleh pasukan pink,” harapnya.

Selain itu, dengan penghragaan Adipura tersebut dapat memberikan bukti nyata bagi Pemerintah Pusat bahwa benarKota Ambon adalah Kota yang bersih, sehingga selaku Walikota Ambon juga merasa bangga atas kinerja yang dilaksanakan oleh pihaknya.

Tak hanya itu, Ia mengungkapkan, memang membutuhkan kesabaran untuk membersihkan sungai karena tidak mudah. Namun, dengan komunitas yang telah dibentuk di sungai Wai Batugajah membuat Pemerintah Kota Ambon tidak menutup mata dan rencabanya akan melakukan hal yang sama di sungai Wai Tomu dan Wai Batugantong.

“Kami tidak akan malu dengan masyarakat karena intinya guna memberikan pembersihan yang layak bagi masyarakat dan Kota Ambon di sungai-sungai,” paparnya.

Ia menambahkan, contoh sungai Wai Batugajah, seluruh sampah akan diangkut dan talud-talud diwarnai sehingga masyarakat lebih semangat membersihakan sungai dengan keindahan warna-warni yang dibuat oleh Pemerintah Kota Ambon.

Selain memperindah sungai-sungai tersebuit, masyarakat juga dapat terfokus sehingga sampah yang ada di sungai secara perlahan-;lahan dapat dibersihkan dengan baik.

“Ini akan menjadi fokus dari pasukan pink untuk membersihkan sungai-sungai tersebut, sehingga adipura yang didapat benar-benar diraih dengan bukti nyata yang ada,” tandasnya. (AT-011)

Jadilah Orang Pertama share:
author