Februari Pemkot Diskusi Ilmiah Bahas Sampah Plastik

Ambon, Ambontoday.com – Bulan Februari mendatang Pemerintah kota akan melaksanakan diskusi ilmiah membahas masalah sampah plastik. Hal ini disampaikan oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (29/1/2019).

Menurutnya, masalah sampah plastik sangat meresahkan sehingga nantinya akan ada larangan untuk produk yang berasal dari plastik akan dilarang masuk ke Ambon. “Tahap ketiga itu kita akan bicarakan secara khusus itu menyangkut masalah sampah plastik, nanti sampai dengan akhir rekomendasi bila perlu kita larang untuk produk plastik masuk ke Ambon,” ujarnya.

Dengan begitu, diskusi ilmiah yang akan dilakukan sangat penting untuk menemukan solusi tepat untuk masalah sampah plastik sehingga apa yang direncanakan dapat berjalan dengan semestinya. “Misalnya begitu itu nanti kita akan bicarakan semua, tapi itu nanti betul-betul akan dibuat pencanangan dan sehingga kedepan itu semua akan berjalan sesuai dengan perencanaan itu,” jelasnya.

Tak hanya itu, pada diskusi tersebut juga akan membahas penyebab ledakan alga beberapa waktu yang lalu. “Kita sementara mendesain untuk mengatasi secara proposional ledakan alga di teluk Ambon, dalam bulan februari ini akan dilaksanakannya diskusi ilmiah, diskusi akademis khusus terkait masalah tersebut,” ungkapnya.

Dikatakan, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan dan pihak terkait akan mencari tahu penyebab ledakan alga yang terjadi dan mengadakan pendekatan makro untuk atasi lebih mendalam sehingga nantinya, ledakan tersebut tidak terjadi lagi.

“Kalau misalnya sampah plastik yang menjadi rekomendasi untuk terjadinya masalah tersebut maka tahap kedua kita, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan akan mengadakan sebuah pendekatan pemecahan persampahan itu secara makro, itu akan ada diskusi ilmiah lagi lalu kita akan punya rekomendasi dan solusi kira-kira sampah ini bagaimana,” tuturnya. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author