Lima Saniri Dan Dua BPD Dilantik Walikota

Ambon, Ambontoday.com – Lima Saniri Negeri dan dua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di Ambon dilantik oleh Walikota Ambon. Pelantikan tersebut berlangsung di Pattimura Park, Rabu (30/1/2019).

Lima Saniri Tersebut yakni, Saniri Negeri Batu Merah, Saniri Negeri Silale, Saniri Negeri Hurumuri, Saniri Negeri Halong, dan Saniri Negeri Urimessing. Sedangkan dua BPD yang dilantik yaitu BPD Nania dan BPD Hunut Durian Patah.

Dalam Sambutannya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, pelantikan saniri yang dilaksanakan merupakan inisiasi dari tokoh masyarakat, pejabat dan raja dan ini sangat baik karena dengan saniri yang dibentuk pemanfaatan dana desa dapat segera direalisasikan.

“Saya bersyukur, karena inisiasi dari pada tokoh-tokoh masyarakat pejabat lewat raja maka seluruh perwakilan-perwakilan lembaga ini mulai terbentuk dan mungkin tinggal satu dua lagi yang akan kita selesaikan dalam waktu dekat. Ini penting karena terkait dengan soal pemanfaat dana desa,” ujarnya.

Dana desa yang dimanfaatkan harus ada persetujuan dari kepala desa, raja dan saniri. Ini dikarenakan saniri dan raja maupun kepala desa atau pejabat negeri merupakan penyelenggara pemerintahan ditingkat negeri dan desa.

“Dana desa itu harus ada persetujuan dari kepala desa dan saniri, saniri ini mempunyai kedudukan yang sama dengan raja atau kades tidak ada satu diatas, satu dibawah, semua mempunyai kedudukan yang sejajar, karena dua-dua itu adalah penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa dan negeri, lebih kuat dari pada itu adalah baik saniri maupun raja itu dilantik dan diambil sumpah oleh Walikota,” tuturnya.

Untuk Dana desa, lanjutnya, harus diperhatikan dengan baik sehingga tidak ada indikasi penyimpangan pada laporan yang dimasukan ke Pemerintah kota. “Terkait dengan dana desa ini saya minta betul, untuk dapat diperhatikan dengan baik, kalau ada indikasi bahwa terjadi penyimpangan dari pada apa yang sudah ditetapkan itu bisa saja buat laporan,” tambahnya.

Dia berharap, dengan pelantikan yang telah dilaksanakan saniri baru dapat melakukan tugasnya dengan baik dan dapat merealisasi dana desa untuk masyarakat negeri/desa yang ada. (AT_011).

Jadilah Orang Pertama share:
author