Ekonomi Maluku Triwulan IV Tahun 2018 Tumbuh 6,41 Persen

AMBON, ambontoday.com Ekonomi Mauku triwulan IV tahum 2018 tumbuh 6, 41 persen (year on year).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik di Kantor BPS Provinsi Maluku, Erhard. Hatulesila saat rilis BPS, Rabu (6/2/2019).

Ia mengatakan, dari sisi produksi, pertumbuhan ekonomi didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha pengadaan listrik dan gas yang tumbuh 8,59 persen.

Sedangkan, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi LNPRT yang tumbuh sebesar 5,54 persen.

Ia menambahkan, ekonomi Maluku triwulan IV tahun 2018 meningkat sebesar 2,64 persen (q to q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 9,31 persen.

Sementara dari sisi lengeluaran dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 5,81 persen.

Berbeda juga, dengan ekonomi Maluku triwulan IV tahun 2018 (c to c) tumbuh sebesar 5,95 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh lapangan usaha administrasi Pemerintahan, pertanahan dan Jaminan sosial wajib yang tumbuh sebesar 8,26 persen.

“Dan dari sisi pengeluaran terutama didorong oleh komponen pembentukan modal tetap bruto yang tumbuh sebesar 8,62 persen,” tandasnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author