AMGPM Ajak Warga Bursel Tertib Berlalu Lintas

Namrole, ambontoday.com – Seluruh masyarakat di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) diajak untuk tertib berlalu lintas sesuai ketentuan perudang-undangan yang berlaku.
Ajakan itu disampaikan Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) dalam kegiatan Kampanye Tertib Berlalu Lintas yang dilaksanakan oleh AMGPM Cabang I Talitakumi Daerah Buru Selatan (Bursel), Sabtu (16/02) di Kota Namrole.
Kegiatan Kampanye yang turut melibatkan pihak kepolisian Polsek Namrole dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bursel itu dimulai dari depan gedung Gereja Wae Fuhan Prangit Jemaat GPM Labuang pukul 09.30 WIT dan berakhir di Kantor Desa Labuang pukul 10.30 WIT setelah terlebih dahulu melewati Desa Kamlanglale, Desa Waenono, Desa Elfule dan kembali lagi ke Desa Waenono, Desa Kamlanglale dan finish di Desa Labuang.
Dalam aksi kampanye tertib berlalu lintas yang dikoordinir langsung oleh Roby Tasidjawa dan Ferdinand Kouwe selaku Ketua dan Sekretaris Panitia setelah dilepas langsung oleh Sekretaris AMGPM Daerah Buru Selatan Dominggus Seleky itu, selain sekitar 50 peserta kampanye kendaraan roda dua, mereka juga mempergunakan mobil pick up bernomor polisi DE 8828 AD yang dilengkapi dengan pengeras suara serta bendera AMGPM.
Dalam aksinya kampanye itu, selain sejumlah orator seperti Erick Mailoa, Neckon Seleky, Deswar Faubun, Melky Solissa, Mon Tehuayo, Yohan Lesnussa dan Risat Lesnussa yang berorasi mengajak masyarakat Kabupaten Bursel untuk tertib berlalu lintas, proses kampanye itu pun turut diwarnai dengan pemasangan sebanyak delapan buah spanduk ajakan tertib berlalu lintas di depan Polsek Namrole, depan bekas One Swalayan, pertigaan Kantor BPS Kabupaten Bursel, pertigaaan Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bursel, samping Kantor Bupati Bursel lama, samping tempat ojek Desa Waenono dan pertigaan dekat perbatasan Desa Kamlanglale-Desa Labuang.
Tak hanya itu, dalam aksi kampanye terbut, puluhan peserta aksi pun turut membagikan ratusan lembar stiker yang berisi ajakan Tertib Berlalu Lintas serta ratusan tangkai bunga kepada setiap pengendara kendaraan roda dua yang melintasi setiap ruas jalan dimana peserta kampanye melakukan aksi, yang puncaknya dipusatkan di depan Pasar Kai Wait Kota Namrole.
Sedangkan, dari pengamatan media ini, terlihat masih banyak pengendara roda dua yang belum Tertib Berlalu Lintas, seperti tidak mempergunakan helm. Atas kondisi itu, peserta kampanye pun langsung menghimbau agar para pengendara tersebut nantinya bisa mempergunakan helm dan melengkapi surat-surat kelengkapan sebagai pengendara kendaraan bermotor, disamping turut pula menghimbau agar tidak membiarkan anak-anak dibawah umur 17 Tahun mengendarai kendaraan roda dua.
Sementara itu, Sekretaris AMGPM Daerah Buru Selatan, Dominggus Seleky dalam arahannya ketika melepas peserta kampanye mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksakan oleh AMGPM Cabang I Talitakumi ini, mengingat tingginya kecelakaan lalu lintas karena kurangnya kepeduliaan masyarakat dalam Tertib Berlalu Lintas.
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Kampanye Tertib Berlalu Lintas yang dilaksanakan oleh teman-teman AMGPM Cabang I Talitakumi ini. Semoga lewat kegiatan ini, masyarakat kita akan lebih Tertib Berlalu Lintas,” kata Seleky.
Seleky pun berharap, para peserta bisa menjadi pelopor dan contoh yang baik bagi pengendara lain dalam berlalu lintas di jalan.
“Kami harap teman-teman peserta bisa jadi pelopor dan contoh yang baik bagi masyarakat di daerah ini dalam berlalu lintas,” ucapnya.
Ketua Panitia Kampanye Tertib Berlalu Lintas, Roby Tasidjawa kepada media ini mengaku bahwa kegiatan yang dilaksanakan pihaknya ini merupakan realisasi dari program yang telah diputuskan dalam Musyawarah Pimpinan Paripurna Cabang (MPPC) VII yang tellah dilaksanakan di AMGPM Ranting Zoar Waenalut.
Dimana, lanjut Tasidjawa, diprogramkannya kegiatan ini merupakan bentuk keprihatinan AMGPM terhadap tingginya kecelakaan lalu lintas yang harusnya bisa diminimalisir dengan perilaku tertib berlalu lintas.
“Olehnya itu, kami berharap dengan kegiatan Kampanye Tertib Berlalu Lintas yang kami laksanakan hari ini bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan kesadaran masyarakat di daerah ini akan pentingnya Tertib Berlalu Lintas guna menghindari berbagai kecelakaan yang tak pernah kita inginkan,” tuturnya.
Ia pun turut menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari pihak Kepolisian Polsek Namrole yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Yamin Selayar, Dinas Perhubungan Kabupaten Bursel dibawa kepemimpinan Kadis Sukri Muhammad dan semua potensi AMGPM yang telah turut serta bekerja sama merealisasikan kegiatan ini.
Sementara itu, turut hadir dalam kegiatan itu Ketua Majelis Jemaat GPM Labuang Pendeta HR Lessil, mantan Pengurus AMGPM Daerah Buru Selatan yang juga Majelis Jemaat GPM Labuang Stevano Kailola, Sekretaris AMGPM Cabang I Talitakumi Elvis Charles Lahallo dan sejumlah Pengurus Cabang, yakni Neckon Seleky, Rein Tasane, Novi Luturmas, Boby Kilonressy dan Sulce Seleky serta Ketua AMGPM Ranting Talitakumi Labuang Melky Solissa dan sejumlah pengurus maupun anggotanya serta Ketua AMGPM Ranting Imanuel Waenono-Kamlanglale, Marchel Kippuw dan sejumlah pengurus maupun anggotanya. (AT – 007)

 

Jadilah Orang Pertama share:
author