Enam Pangan Kadaluarsa Ditemukan BPOM di Ambon

Ambon, Ambontoday.com – Sebanyak enam pangan yang kadaluarsa ditemukan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku pada saat pengawasan di dua toko yang ada di kota Ambon. Hal ini disampaikan oleh ketua tim pengawasan, bidang pengawas farmasi dan makanan, Sri Wahyuni kepada wartawan disela-sela pengawasan, Rabu (6/3/2019).

Menurutnya, enam pangan yang sudah kadaluarsa tersebut yakni jenis susu, minuman Benecol, bakso ikan, kentang, dan keripik. Dan untuk pangan yang ditemukan, oleh petugas langsung dimusnahkan ditempat dan disaksikan langsung pemilik toko.

“Sudah dimusnahkan secara langsung oleh petugas,” ujarnya.

Selain pangan kadaluarsa tersebut, pihaknya juga menemukan beberapa pangan yang tidak memiliki izin edar dan juga telah dimusnahkan.

“BPOM juga menemukan beberapa item pangan yang tak memiliki izin edar, sehingga mereka mengambilnya dan melakukan pemusnahan,” tambahnya.

Tak hanya itu, untuk pangan segar seperti ayam potong diambil untuk pengujian dilaboratorium. Ini dilakukan untuk menguji apakah mengandung pangan segar tersebut mengandung bahan berbahaya seperti formalin atau tidak.

Pangan Tersebut sendiri ditemukan di dua toko yang ada di Ambon yakni Toko The Indah dan Swalayan OASIS, dan pengawasan yang dilakukan tidak hanya melibatkan pihak BPOM tapi stakholder terkait dalam hal ini Disperindag, Dinas Kesehatan Kota/Provinsi, dan Balai Karantina.

“Pada minggu kedua ini, kami melaksanakan pemeriksaan pangan segar dengan pangan olahan dalam rangka operasi opson dalam hal ini operasi secara nasional. Dan hari ini (kemarin) kita laksanakan pemeriksaan di dua sarana. Dari dua sarana tersebut ditemukan ada 6 item terdiri dari 9 pics pangan kadaluarsa,” tuturnya.

Selain itu, Wahyuni menambahkan, pihaknya tidak hanya melakukan pengawasan di kota Ambon saja tetapi di luar Ambon juga yakni dibeberapa kabupaten/kota yang terbagi dalam dua tim pengawas. (AT-011)

Jadilah Orang Pertama share:
author