Hikmat Dibalik Paska Klasia Tansel

No comment 98 views

Saumlaki, ambontoday.com – Perayaan Paskah yang dilaksanakan oleh Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Saumlaki Klasis Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), menggelar perayaan Paskah bersama yang dipusatkan di Taman Kota Saumlaki, Jumat (19/04/2019).

Acara paskah dihadiri suluruh jemaat GPM Saumlaki mulai dari sektor satu sampai dengan sektor delapan. Acara diawali dengan melakukan jalan santai bersama yang dimulai dari lokasi Gereja Ebehaezer Saumlaki, dengan melibatkan seluruh anggota jemaat, rombongan jalan salib yang menggambarkan bagaimana kesengsaraan Tuhan Yesus, saat ditangkap sampai pada dipaku dan tergantung di Tiang Kayu Salib.

Dalam rombongan arak – arakan tersebut diikuti Bupati Petrus Fatlolon bersama Ibu Joice Fatlolon, pimpinan OPD, jemaat GPM Saumlaki, anggota DPRD, Pimpinan Agama, pelayan jemaat dan tamu undangan lainnya. Arak – arakan menuju ke taman kota Saumlaki, dan setelah Setibanya rombangan di taman kota maka dilakukan ibadah bersama.

Para jemaat yang menghadiri acara paskah tersebut mengikuti prosesi acara dengan penuh hikmah. Salib – salib kecil yang dibawah oleh seluruh jemaat diletakan pada tempat yang sudah disiapkan.

Lewat pantauan ambontoday.com Pendeta meletakan salib, dan di susul oleh pelayanan jemaat, Bupati, pimpinan OPD, anggota DPRD, anggota sidi baru, dan seluruh jemaat dari sektor satu (1) sampai sektor delapan (8) . Salib – salib yang diletakan pada tempat yang sudah disiapkan dan bertujuan untuk melepaskan seluruh beban hidup yang ada pada seluruh jemaat Tuhan.

Tata Acara ibadah yang dikemas dalam pementasan kreasi yang didukung dengan desain dekorasi yang disesuaikan dengan lokasi yang mempunyai daya pikat sehingga
drama yang dipentaskan, yang menggambarkan tentang penyaliban Yesus, hikmah dan dirasakan saat di pentaskan.
Drama tersebut dibawa dan diperankan oleh anggota jamaat Gereja Protestan Maluku klasis Tanimbar Selatan sektor empat sekaligus sebagai panitia hari – hari besar keagamaan tahun 2019 .

Tata acara yang telah didesain secara sederhana namun mempunyai kesan yang penuh sukacita yang di terima oleh seluruh jemat yang hadir saat itu. Kesan dan pesan damai dan sukacita itula yang dapat dirasakan dan dipegang oleh jemat sebagai berkat yang indah dalam kehidupan keluarga rumah tangga dan masyarakat. (AT – 014)

Jadilah Orang Pertama share:
author