Kedapatan C1 Plano Presiden Kosong

No comment 125 views

Ambon, ambontoday.com – Pertaruang Presiden antra petahana Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden Wakil Presiden dan Legislatif 17 April 2019 semakin memanas ketika proses rekapitulasi ditingkat Kecamatan.

Di Provinsi Maluku Kota Ambon Negeri Nusaniwe TPS 5 kedeapatan blangko C1 plano Presiden kosong, dimana blangko C1 Plano tidak diisi jumlah DPT, DPTb dan DPK bahkan jumlah surat suara yang diterima pihak KPPS dan jumlah suara sah dan tidak sah atau surat suara tidak terpakai juga surat suara yang rusak.

Pantauan ambontoday.com dikantor Camat Nusaniwe Kota Ambon Provinsi Maluku, blangko C1 Plano Presiden yang kosong diisi oleh pihak PPK berdasarkan acuan dari blangko C7-A4 KPU.

Panwas Kecamatan ketika diminta penjelasan, pihak panwas mengarahkan untuk blangko C1 plano Presiden diperbolehkan diisi dengan berpedoman pada blangko C7-A4 KPU.

“Jika disetujui maka bisah diisi berdasarkan blangko C7-A4 KPU karena diaitu kita bisah kedapatan ada tidak pemilih yang menggunakan DPTb atau tidak” kata pihak panwas Kecamatan Nusaniwe.

Dari penjelasan pihak panwas maka PPK mengisi blangko C1 Plano Presiden dan dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil TPS 5 Negeri Nusaniwe untuk Presiden dengan perolehan suara untuk paslon 01 Jokowi Amin 170 untuk paslon 02 Prabowo Sandi 11 suara dari jumlah suarah sah dan tidak sah 181.

Persoalan ini dianggap biasa oleh pihak PPK dan juga Panwas Kecamatan tanpa memikirkan dampak terhadap sistim pemilihan yang bebas umum dan rahasia dengan kondisi semakin ketat dengan berbagai aturan yang diatur dalam PKPU. (AT – 029)

Jadilah Orang Pertama share:
author