Pemkot Ambon Persiapkan SDM Menjawab Tingginya Perkembangan IT

Ambon, ambontoday.com – Sebanyak 120 peserta mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Statistik Sektoral Serta Implementasi Sertifikasi Elektronik guna keamanan data dan informasi publik Pemerintah Kota Ambon yang dibuat oleh Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, di Hotel Pasific Ambon, Selasa (21/5).

Sekertaris Kota Ambon, A.G. Latuheru mengatakan, dengan diberlakukannnya Undang-Undang nomor 14 tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik dan permendagri nomor 99 tahun 2018 tentang Sistim Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi publik dan sistim pengelolaan layanan informasi bagi seluruh vadab publik di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

“Regulasi ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi dan bagi badan publik untuk melakukan pelayanan publik berbasis data secara terukur, akurat dan akuntabel,’ katanya.

Untuk itu, diharapkan setiap OPD atau badan publik dalam menerapkan mekanisme maupun layanan sesuai standar pelayanan sehingga data yang disajikan maupun dipublis dapat terukur, akurat, walid, dan dapat dipertanggung jawabkan dengan memperhatikan sistim keamanan informasi sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Hal ini juga sebagai bentuk akses informasi dan bagian dari kinerja pemerintahan, yang semakin kompleks bagi setiap aparatur daerah,” tuturnya.

Ia menambahkan, Smart city, dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) pengelolaannya dan pengembangannya kepada masyarakat, dinilai sangat perlu dilakukan dalam kelancaran tugas kepada masyarakat menuju kota yang smart.

Lanjutnya, serangan Hacker melalui berita hoax, isu sara dan lainnya perlu diantisipasi secara serius.salah satu caranya adalah mempersiapkan kualitas SDM yang handal, dengan membuka akses informasi seluas-luasnya. agar dapat menghilangkan image publik terhadap pemerintah.

“Sebagai wujud komitmen seluruh stake holder di kota Ambon, pemerintah kota Ambon turut mengapresiasi hal dimaksud, dengan harapan, setiap OPD dapat melakukan fungsinya secara baik, dalam memberikan akses kepada masyarakat terutama kebutuhan layanan informasi publik,” akuinya.

Latuheru juga mengingatkan kepada OPD untuk wajib memberikan informasi dan akses data yang seluas-luasnya kepada masyarakat demi sebuah peningkatan pelayanan dengan sebaiknya pada Good Government. (AT – 009)

Jadilah Orang Pertama share:
author