Noach Resmi Dilantik Jadi Bupati MBD

Ambon, ambontoday.com – Benyamin Thomas Noach resmi dilantik oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail sebagai Bupati Maluku Barat Daya (MBD). Pelantikan tersebut berlangsung di Lantai VII Kantor Gubernur, Rabu (29/5).

Dalam sambutannya, Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan pelantikan yang dilaksanakan didasarkan pada Unbdang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota menjadi Undang-Undang. Dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Image result for pelantikan bupati mbd 2019

“UU nomor 10 tahun 2016 dan UU 23 tahun 2014 mengamanatkan bahwa ketika kepala daerah berhenti maka wakil kepala daerah menggantikan kepala daerah amanat konstitusi itulah yang menjadi dasar dalam pelantikan ini,” ujarnya.

Dan setelah resmi menjabat sebagai Bupati MBD, Noach diminta untuk dapat menjalankan tiga tugas sebagai kepala daerah yakni bertugas untuk mengentaskan kemiskinan, mensejahterakan masyaraakt, serta dapat menjaga dan mempertahankan sumber daya alam yang ada di Maluku Barat Daya.

Hal ini karena Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Maluku Barat Daya masih berlimpah dan harus dimanfaatkan dengan baik untuk dapat dinikmati oleh generasi sekarang maupun yang akan datang.

Salah satu SDA yang ada di MBD, Lanjut Murad, adalah blok masela dan itu harus dapat digunakan dengan baik sehingga masyaraakt MBD dapat menikmati hasilnya dan perekonomiannya dapat berkembang.

 

Image result for pelantikan bupati mbd 2019

“Untuk SDA blok Masela saya meminta saudara Bupati dapat mengambil langkah strategis agar membangun blok masela untuk dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat MBD dan masyarakat Maluku pada umumnya,” tutur Murad.

Selain itu, Bupati baru juga harus segera melakukan penataan birokrasi yang mengedepankan kepada kompetensi pada setiap SKPD sehingga nantinya dapat terwujud tata kelola pemerintahan yang baik di MBD.

“Segera melakukan penataan birokrasi dengan mengedepankan penegakan kompetensi dan manage sistem sesuai ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku sehingga tata kelola pemerintahan baik atau good goverment,” ungkap dia.

Murad juga mengingatkan harus juga ada komunikasi yang intens antara Bupati yang baru dengan seluruh stakeholder yang ada di lingkup pemerintah Kabupaten MBD.

“Keempat dengan semangat kalwedo lakukan komunikasi intens dengan seluruh stakeholder yang ada di daerah terutama DPRD sebagai mitra kerja, aparat keamanan TNI/Polri, pihak swasta dan seluruh jajaran masayraakt untuk membangun sinergitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah,” tambahnya.

Image result for pelantikan bupati mbd 2019

Sementara itu, Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach kepada wartawan mengungkapkan sebagai bupati yang baru menggantikan bupati sebelumnya yakni Barnabas Orno akan ada langkah-langkah yang diambil untuk meningkatkan kesejahteraan di MBD.

“Bagaimana mengelola petani supaya bisa pendapatan, tambah pendapatan. Saya lagi pikirkan bagaimana pengembang jagung petaninya bisa dapat uang. Bagaimana Sopi bisa diperdangkan dalam waktu dekat,” jelas Noach.

Dan untuk blok masela akan disiapkan sumber daya manusia sehingga akan ada pemberdayaan manusia demi perkembangan ekonomi saat blok masela di fungsikan.

“Blok masela kita siap kan SDM nya kita siapkan infrastruktur kita siapkan ekonomi untuk menyongsong blok Masela, jadi pemberdayaan masyarakat itu tidak lepas dari situ juga kalau mereka sudah mampu punya Usaha pasti bisa berkembang nanti blok masela,” bebernya.

Tak hanya itu, Ia akan mengevakuasi lagi kinerja yang ada selaam ini untuk melihat dan melanjutkan setiap program yang berhasil untuk pengembangan daerah MBD.

“Lebih banyak untuk pengembangan itu, karena kita tidak bicara soal kerja. Ini kan lanjutan. Jadi kita lihat mana yang memang efektif bisa di lanjutkan. Kita lanjutkan kalau memang belum efektif,” tutup Noach. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author