H-4 Jelang Idul Fitri 1440 H, Penukaran Uang Tercatat 5,17 Miliar

AMBON, AMBONTODAY.COM– Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menyebutkan, selama persiapan menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah, total penukaran uang di daerah ini, sebesar Rp5,17 Miliar.

“Kami sudah menghimbau kepada seluruh perbankan di daerah ini, agar meningkatkan kualitas pengelolaan uang dan memastikan uang layak edar cukup untuk memenuhi kebutuhan nasabah termasuk saat libur panjang Idul Fitri 1440 Hijriyah,” ujar Ketua Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi, Jumat (31/5) di Ambon.

Ia mengatakan, dengan terjadinya peningkatan jumlah uang yang beredar, maka potensi peredaraan uang palsu juga meningkat.

“Sehingga untuk meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan masyarakat, kami melakukan kegiatan edukasi atau sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah dengan slogan 3D, yakni dilihat, diraba dan diterawang,” ungkapnya.

Menurut Teguh, masyarakat juga dihimbau untuk senantiasa memperlakukan uang dengan baik, minimal menerapkan 5J, yaitu jangan dilipat, jangan dicorer, jangan distapler, jangan diremas, dan jangan dibahasi.

Selain itu, Teguh katakan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) BI juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar berbelanja dengan bijak dalam memenuhi kebutuhan hari raya.

“Hal ini bertujuan agar mengendalikan inflasi yang disebabkan oleh lonjakan permintaan masyarakat pada hari menjelang Idul Fitri,” pungkasnya.

Lanjutnya, untuk menghindari terjadinya peredaran uang palsu, pihaknya menghimbau agar masyarakat dapat menukarkan di bank.

“Masyarakat harus semakin waspada karena modus pemalsuan uang yang biasanya marak terjadi pada waktu-waktu meningkatnya kesibukan masyarakat melakukan transaksi jual beli,” tandasnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author