Strategi Peningkatan Mutu Unpatti di Era Revolusi Industri 4.0

Ambontoday.com, Ambon.- Untuk menghadapi tantangan dalam Era Revolusi Industri 4.0 dewasa ini, sebagai bagian dari institusi pendidikan tinggi yang melahirkan sumber daya manusia sudah sepantasnya memiliki strategi agar mampu menghadapi serta bersaing dan berkompetisi kedepan.

Terkait dengan hal itu, maka Bagian Humas Universitas Pattimura menggagas kegiatan konferensi pers, yang dilaksanakan Sabtu 1 Juni 2019, yang dihadiri langsung oleh Rektor Unpatti, Prof. DR. M. J. Saptenno, S.H, dan Ketua Senat Unpatti, Prof. DR. Drs. Mon Nirahua, M.H.

Dalam kesempatan itu, Rektor Unpatti, M. J. Saptenno mengatakan, Era Revolusi Industri 4.0 tentu saja berdampak pada bidang pendidikan khusunya pendidikan khususnya pendidikan tinggi Universitas Pattimura dalam menciptakan sumber daya yang inovativ dan adaptif terhadap teknologi, diperlukan penyesuaian sarana prasarana pembelajaran dalam hal teknologi informasi, internet, analisis big data dan komputerisasi.

“Penyediaan infrastruktur pembelajaran tersebut diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang terampil dalam aspek literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Unpatti terus berbenah dan mengubah paradigma pembelajaran yang selama ini digunakan,” jelas Rektor.

Dikatakan, hal yang patut diperhatikan dalam pelaksanaan pendidikan di Unpatti adalah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.  Bahkan sudah menjadi hal yang wajib disediakan adalah akses internet yang memadai di lingkungan kampus.

“Unpatti sudah harus bermigrasi menuju e-campus dengan menyediakan e-laboratorium, e-service, e-library (perpustakaan elektronik), e-learning (pembelajaran online), e-lecturer (tutor online) sehingga penyusunan dan revisi skripsi, tesis dan disertasi dilakukan secara elektronik,” papar Saptenno.

Dikatakan, saat ini Unpatti memiliki fasilitas perangkat lunak untuk kegiatan e-learning yang dapat diakses di web. Dimana terdapat 2 server untuk mengakses e-learning, yang pertama bersifat akses terbuka (http:/paparisa.unpatti.ac.id//kuliah) dan yang kedua bersifat tertutup untuk pengguna internal dengan alamat http://elearning.unpatti.ac.id.

Untuk mengakses e-library, perpustakaan online, Unpatti menyediakan layanan OPAC (Online Public Catalogue) yang dapat diakses melalui http://opac.unpatti.ac.id.

Menurut Rektor Unpatti, secara garis besar ada beberapa hal yang menjadi point penting dalam transformasi system pendidikan tinggi Unpatti. Yang pertama Kurikulum Berorientasi Pada Masa Depan, Kedua, Pembelajaran Model Blenden Learning, Ketiga, Kompetensi Dosen Dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Keempat, Kompetensi Dosen Dalam Penelitian.

Kelima, Kompetensi Dosen Dalam Mengkomersialkan Teknologi, Keenam, Kompetensi Dosen Dalam Memprediksi apa yang aka terjadi di masa depan, dan Ketujuh, Kompetensi Dosen Sebagai Konselor/Konseling.

Selain itu, ada dua poin penting dan strategi dalam meningkatkan mutu institusi yakni, Pertama, meningkatkan perubahan status Unpatti dari Satker menjadi Universitas Badan Layanan Umum (BLU), dan yang Kedua, meningkatkan mutu akreditasi program studi.(AT008)

Jadilah Orang Pertama share:
author