Enam PSK Di Tanjung Batumerah Terinveksi HIV

AMBON, Ambontoday.com- Jumlah keseluruhan PSK sebanyak 189 orang yang ada di lokalisasi Tanjong Batumerah, baru 104 orang yang kembali dari liburan hari raya Idul Fitri 1440 H Tahun 2019, ternyata terdapat enam (6) orang terinveksi kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV).

“Dari 104 orang PSK yang telah diperiksa oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kota Am,bon dan Puskesmas Rejali yang merupakan wilayah kerjanya dengan berbagai tahapan, ada 6 oranga yang positif mengalamai penyakit HIV. Jadi saya kaget dengan pembeberitaan 30 orang yang menderita penyakit tersebut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (17/6).

Ia mengakui, dirinya merasa kaget dengan penderita kasus HIV sebanyak 30 orang yang merupakan penderita di Kota Ambon atauakah di luar kota Ambon. “Tapi sampai kemarin pemeriksaan di Tanjung Batumerah hanya 6 orang PSK yang menderita HIV dan juga merupakan kasus lama,” terangnya.

Ia menjelaskan, kasus lama artinya mereka enama orang ini selalu dalam pantauan dan pengobatan dari dinas kesehatan Kota Ambon baik dari Puskesmas Rejali maupun tim dari Dinas kesehatan yang turun secara bersama-sama.

“Jadi mereka mendapat pengobatan dan ARV dengan apa yang keharusan dari seorang penderita HIV sehingga selalu terpantau. Yang menjadi masalah, misalnya mereka tidak disitu tapi diluar dan menyebar maka pemantauannya tidak bisa kita kontrol, tapi kalau mereka terlokalisasi di tanjung maka dari sisi kesehatannya kita bisa pantau dengan baik, sehingga saat melayani mereka bisa menggunakan kondom agar melindungi pemakai mereka,” paparnya.

Ia mengungkapkan, sebagain besar penderita HIV yang ada di lokalisasi Tanjung Batumerah bersal dari luar kota Ambon, dan kota Ambon mungkin menyebar-menyebar tapi tidak terlokalisir, dan biasanya ada di depan Amplas.

“Hampir 90 persen penderita HIV di lokalisasi Tanjung Batumerah berasal dari luar Kota Ambon, baik itu dari Sulawesi Tenggara, Jawa dan lain-lain,” ungkapnya.

Ia tambahkan, informasi 30 penderita HIV di Tanjung Batumerah tidak tahu datanya dari mana, tapi yang pasti data dari Dinas Kesehatan Kota Ambon yang ada hanya 6 penderita lama dan belum ada kasus baru yang didapat, dan semua kasus lama yang memang ada dalam pembinaan serta pengobatan yang dilakukan Puskesmas Rijali dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon.

“Saya tidak ingin klarifikasi atau apapun, yang jelas data ini yang ada dan sementara ditangani pembinaan dan pengobatannya sesuai ril dilapangan,” tandasnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author