Dinkes Ambon Temukan Kasus Baru HIV Sebanyak 40 Orang

Ambon, Ambontoday.com– Dinas Kesehatan Kota Ambon menemukan kasus baru penderita HIV sebanyak 40 orang di Kota Ambon. “40 penderita HIV ini merupakan jumlah seluruhnya yang ada di Kota Ambon yang terdata dari tanggal 1 Januari sampai dengan Mei 2019,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada media ini di Ambon, Kamis (27/6/2019).

Dirinya mengakui, sangat bersyukur karena kasus yang di dapat ini masih dalam HIV bukan AIDS. “Artinya semakin lebih banyak tim kesehatan ke lapangan maka mendapatkan info yang lebih dini sehingga kita bisa memberikan penanganan sehingga tidak jatuh ke AIDS, sehingga umurnya masih panjang dengan cara minum ARV dengan teratur” paparnya.

Ia menjelaskan, 2279 penderita HIV merupakan jumlah akumulasi dari tahun 1994 sampai Desember 2018, sedangkan kasus baru di tahun 2019 sampai bulai Mei kemarin sebanyak 40 kasus yakni penderita HIV.

Hasil gambar untuk Wendy Pelupessy

“Profesi dari 40 penderita ini yakni adalah sebagai ibu rumah tangga, PSK, dan berbagai macam kalangan. Ada dari waria, seks lelaki (Homoseks), ibu hamil. Seluruh ibu hamilo di puskesmas harus diskriming dengan pemeriksaan hamil diikuti dengan pemeriksaan HIV,” jelasnya.

Ia sebutkan, bagi kasus HIV untuk ibu rumah tangga yakin pihaknya melacak komunitas yang dibangun oleh meraka. Dinas kesehatan sendiri juga dibantu oleh Yayasan Pelangi Maluku (YPM) yang selama ini berkolaborasi untuk bekerjasama.

“Banyak kasus di kota Ambon karena memang pihak kami rajin melacak, dan banyak orang yang berteriak, tapi saya sangat bersyukur karena benar-benar kami bekerja sesuai tugas untuk mendapatkan kasus secara dini sehingga tidak adea kejadian yang lebih fatal,” tukasnya.

Tambahnya, untuk mencegah terjadi HIV di kota Ambon semuanya kembali ke komponen masyarakat untuk sadar, karena dinkes hanya bisa mengobati serta mensosialisasikan apabila kedapatan kasus seperti ini.

“Kesadaran dari masyarakat baik individu maupun kelompok untuk tidak menganti-ganti pasangan dalam berhubungan seks, kami juga anjurkan agar berhubungan dengan menggunakan kondom dan bagi individu yang merasa dirinya suka berganti-ganti pasangan agar segera memriksakan dirinya ke rumah sakit,” harapnya. (Elis)

Jadilah Orang Pertama share:
author