DP3AMD Gelar Penanggulangan Workshop Stunting

Ambon, Ambontoday.com– Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon menggelar penanggulangan stunting yang berlangsung di Hotel Marina- Ambon, Rabu (26/6/2019).

Asisten I Pemerintah Kota Ambon, Mien Tupamahu mengatakan, stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan karena kiurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak.

“Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia di Indonesia dan juga ancaman daya saing bangsa ini termasuk generasi muda penerus bangsa di Kota Ambon,” katanya saat membaca sambutan Walikota Ambon.

Hal ini karena stunting ini bukan hanya menggagu pertumbuhan fisik anak, melainkan terganggu perkembangan otak yang tentu saja akan sanagt mempengaruhi kemampuan serta prestasi, kreativitas anak di usia produktif saat disekolah dan lingkungannya.

Ia mengakui, kondidi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan sehingga banyak masyarakat yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

“Kita perlu mengetahui, genetika merupakan faktor yang paling penting dibidang kesehatan bila dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan,” akunya.

Untuk itu, katanya, stunting merupakan masalah kesehatan anak yang dapat dicegah. Tigahal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting yaitu, perbaikan terhadap pola makan, perbaikan terhadap pola asuh, dan perbaikan terhadap sanitasi dan akses arisi.

“Pola asuh dan status gizi sangat dipengaruhi oleh pemahaman orang tua dalam mengatur kesehtan dan gizi di keluarganya, karena itu merupakan edukasi yang terus menerus sangat diperlukan agar dapat mengubah perilaku yang bisa mengarah pada peningkatan gizi ibu dan anaknya,” paparnya.

Ia berharap, workshop ini dapat meberikan pemahaman bagi seluruh peserta dapat memahami dengan sungguh-sungguh apa itu stunting dan bagaimana upaya dan tindakan otentik dapat menjaga mencegah stunting pada generasi masa depan di Kota Ambon. (Elis)

Jadilah Orang Pertama share:
author