Pemkot Lepas 365 Jamaah Calon Haji Kota Ambon

AMBON, Ambontoday.com- Sebanyak 365 Jamaah calon haji kota Ambon Tahun 1440 H/2019 M secara resmi dilepas oleh Pemerintah Kota Ambon, yang berlangsung di Gedung Ashari-Ambon, Selasa (9/7/2019).

365 Jamaah Calon Haji Kota Ambon, yang berasal
dari Kecamatan Sirimau sebanyak 251 orang, Kecamatan
Nusamiwe 60 orang dan dari Kecamatan Teluk Ambon
Baguala 25 orang, diantaranya laki-laki berjumlah 133 dan
perempuan 232 orang.

Sekertaris Kota Ambon, A.G. Latuheru mengatakan, melihat dari pengalaman ibadah haji beberapa tahun terakhir, jumlah umat Islam yang bermaksud menunaikan ibadah haji jauh lebih besar daripada kuota yang diberikan.

“Banyak saudara-saudara kita yang lain ingin menunaikan ibadah haji, tapi untuk saat ini setidaknya diperlukan tiga persyaratan diantaranya: niat atau kemauan, kemampuan, baik jasmani, rohani maupun materi, dan ada kesempatan karena saat ini yang dibutuhkan tidak hanya kemauan dan kemampaun, tetapi juga kesempatan,” katanya.

Ia menjelaskan, pada tanggal 15 Juli mendatang, 365 Jamaah Calon Haji akan diberangkatkan menuju embarkasih Makassar untuk selanjutnya Madinah Al-Munawwara dan Mekkah Al-Munaramah, guna menunaikan seluruh aktivitas ibadah haji dengan serangkaian ibadah lainnya yang mempunyai nilai tinggi .
“Kiranya seluruh calon jamaah ahji senantiasa memilihara kekompakan, keutuhan dan kebersamaa. Oleh karena itu, ketua regu dan ketua rombongan dapat melaksakan fungsi dan tugasnya dengan sebaik-baiknya, karena ketua regu maupun kerua rombongan merupakan ujung tombak dalam suksesnya penyelenggaraan ibadah haji itu sendiri,” harapnya penuh.

Selain itu, Ia berpesan diantaranya; pertama, laksanakan ibadah haji haji sesuai dengan tuntunan yang telah diberikan dalam manasik haji secara tulus dan iklas, semata-mata hanya mengharap pada Allah; kedua, pelihara kesehatan fisik sehingga mampu melaksanakan seluruh rukun haji dengan sempurna; ketiga, hormati dan taatilah segala ketentuan perundanga-undangan serta menjalankan ibadah di Madinah maupun di Mekkah sehingga saudara-saudara dapat menjadi tamu-tamu Allah yang baik di negara lain.

Lanjtnya, warga kota Ambon turut mendoakan seluruh calon jamaah haji sehingga seluh proses perjalan sampai kepada proses hajinya dapat berjalan dengan baik. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author