Pemda Gelar Sosialisasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2019

Ambon, Ambontoday.com– Pemerintah Provinsi Maluku menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) nomor 33 Tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2020, yang berlangsung di Baileo Siwalima- Karpan Ambon, Rabu (9/7/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh instansi dari 11 Kabupaten/Kota se- Maluku.

Dalam sambutan Guburnur Maluku, Murad Ismail yang dibacakan oleh Asisten III, Zulfikir Anwar mengatakan, APBD adalah instrumen penting untuk menggerakan perekonomian daerah nasional, karenanya baik provinsi maupun kabupaten/kota perlu melakukan penyelarasan dengan kebijakan pembangunan nasional.

Maka dari itu, Permendagri nomor 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2020 adalah pedoman bagi pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota yang menegaskan perlu adanya sinkronisasi kebijakan pemda kabupaten/kota dan provinsi dengan pemerintah yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020.

Ia mengakui, ada beberapa hal penting yang harus diperhatian antara lain; pertama, desentaralisasi pengelolaan keuangan daerah merupakan amanah reformasi di bidang otonomi daerah, untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

Kedua, dengan ditetapkan Permendagri nomor 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2020, pemda Maluku meminta perhatian pemda kabupaten/kota agar lebih memperhatikan tahapan dan jadwal proses penyusunan APBD, pembahasan dan penetapan APBD tahun 2020, dan secara substansi, APBD tetap diorientasikan pada upaya pemenuhan kepentingan masyarakat.

Ketiga, Pemda kabupaten/kota diharapkan dapat ,menyampaiakn laporan realisasi APBD semester pertama dan tahunan secara tepat waktu sehimgga pelaksanaan dan penyerapan angaran dapat terpantau lebih awal untuk menentukan langkah-langkah awal. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author