BPOM Ambon Gelar FGD

No comment 63 views

AMBON, Ambontoday.com- Tindak lanjut hasil pengobatan obat dan makan serta pembahasan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2017, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Cabang Ambon menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Ambon, Rabu (17/7/2019).

Sambutan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Ambon, Mien Tupamahu mengatakan, dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2017 tentang peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan, maka langkah-langkah yang perlu diambil oleh istitusi yang terlibat yakni meliputi sediaan formasi yang terdiri dari obat bahan obat, obat tradisional dan kosmetik, serta ekstra bahan alam, suplement kesehatan, pangan olalahan dan bahan berbahaya yang berpotensi disalahgunakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Hal ini merupakan tugas dan fungsi dari masing-masing institusi baik pusat, provinsi dan kabupaten/kota untuk dilaksanakan sesusi dengan tupoksinya masing-masing,” katanya.

Ia mengakui, outcome yang diharapakn dari kegiatan FGD yang digelar oleh BPOM Ambon ini adalah terbangunnya komitmen bersama dari jejaring dalam pengawasan obat dan makanan.

Lanjutya, efektivitas pengawasan obat dan makanan tidak hanya sampai pada pelaksanaan kegiatan pengawasan obat dan makanan sesusi tugas, fungsi dan kewenangan masing -masing stakeholder saja. Namun, yang terpenting adalah bagaimana menidaklanjuti hasil pengawasan tersebut dalam bentuk pembinaan, pendampingan, ataupun sanksi sesuai prosedur dan peraturan perundangan yang berlaku.

“Ini akan bermanfaat bagi para pelaku usaha dan konsumen untuk memperoleh kepastian, serta peran aparatur pemerintah sebagai pilar pengawasan obat dan makanan,” jelasnya.

Untuk itu, Dirinya menghimbau, agar seluruh pemangku kepentingan baik di provinsi dan kota Ambon untuk bersama-sama menunjang kesuksesan kegiatan ini hingga berjalan secara berkesimbungan untuk tercapai dengan baik. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author