Refwutu : Tinggalkan Perberdaan, Mari Kita Bersatu Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Ambon, ambontoday.com – Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang besar, bangsa yang menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Selain itu Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang plural memiliki beragam suku, etnik, budaya dan bahasa serta mempunyai enam agama yang resmi diakui oleh negara yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Melihat Indonesia yang masyarakatnya sangat beragam tersebut, kerukunan antar masyarakat terutama antar umat beragama menjadi salah satu hal yang sangat penting diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Terlepas dari itu juga selaku warga Negara Indonesia yang mana baru saja selesai melaksanakan pesta demokrasi pemilu serentak 2019 yaitu Pemilu Presiden dan wakil presiden serta Pemilihan Calon Legislatif periode 2019 – 2023, lewat momentum tersebut terkadang dan bahkan memang terjadi di masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Maluku dan Kota Ambon menjadi sumber perpecahan dan perselisihan dengan dalih mempertahankan dan mendukung salah satu pasangan Calon Presiden dan Wakil presiden tertentu, sehingga dalam perjalanan dalam bermasyarakat menjadi sedikit renggang, hal ini sangatlah lumrah bagi Masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Ambon mengingat ini hanyalah efek kecil yang merupakan bagian dari pesta Demokrasi.

“Untuk itu warga Kota Ambon khususnya umat Katholik, mari kita bersama – sama mendukung pemerintah dalam segala aspek, serta kembali bersatu tanpa ada perbedaan pandangan untuk pemerintahan kedepan, serta menjaga kerukunan antar umat beraga,”ujar RD. Dalmasius Tio Refwutu, kepada awak media di Ambon, pekan kemarin.

Dirinya juga menghimbau kepada umat beragama untuk membantu Kepolisian dalam menjaga situasi kemanan dan ketertiban masyarakat di Negeri Raja – raja pasca penetapan Presiden dan wakill Presiden Republik Indonesia periode 2019 – 2023 Ir. JOKO WIDODO dan Khj. MA”RUF AMIN, kiranya kepemimpinan yang baru ini dapat menjadi amanah untuk kemajuan dan kemakmuran Negera Republik Indonesia kedepan.(AT/lamta)

Jadilah Orang Pertama share:
author